Ustadz Zaitun Rasmin : Perjuangan, Karakter Bawaan Umat Islam

Date:

(Jakarta-Wahdah.Or.Id) – Pada Selasa (07/03) Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ust. Muhammad Zaitun Rasmin menyampaikan taushiyyah di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta. Kajian tematik yang diselenggarakan oleh Masjid Raya Pondok Indah dan Arrahman Qur’anic Learning kali ini mengangkat tema tentang perjuangan.

Sebelum masuk bahasan inti, Ust. Zaitun terlebih dahulu mengingatkan tentang keutamaan menuntut Ilmu. Terkait hal ini beliau bawakan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari maupun Imam Muslim, “Humul qaumu laa yasyqaa bihim jaliisuhum”. Artinya, para penuntut ilmu yang duduk di majelis ilmu adalah orang-orang yang tidak membahayakan kita jika kita duduk bersama mereka. Baik bahaya di dunia maupun bahaya di akhirat.

Berikutnya Ketua Umum Wahdah Islamiyah ini mengingatkan bahwa perjuangan adalah ciri khas bawaan umat ini sejak lahir. Terkait hal ini sampai Allah menyebutkan bahwa perjuangan fii sabilillah adalah salah satu dari 3 hal yang menjadi sebab seorang muslim bisa meringankan sholat malamnya. Ini Allah sebutkan dalam Surat Al Muzammil di ayat yang terakhir.

Ust. Zaitun menekankan lagi bahwa perjuangan adalah hal yang paling menonjol dalam kehidupan Rasulullah dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Dan perjuangan ini yang menjadi sebab Allah menangkan Islam di atas yang lainnya. Janji Allah ini bahkan terulang sampai 3 kali di dalam Al Qur’an dengan redaksi yang hampir sama, yaitu:

Firman Allah dalam Surat At Taubah ayat 33:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, yang akan dimenangkan-Nya atas agama yang lain seluruhnya meskipun orang-orang musyrik membencinya.”

Firman Allah dalam Surat Ash Shaff ayat 9:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, yang akan dimenangkan-Nya atas agama yang lain seluruhnya meskipun orang-orang musyrik membencinya.”

Demikian juga dalam Surat Al Fath ayat 38:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, yang akan dimenangkan-Nya atas agama yang lain, dan cukuplah Allah yang menjadi saksi.”

Sekali lagi Wasekjen MUI pusat ini menekankan bahwa Islam akan menang, namun kemenangan ini akan Allah berikan jika diperjuangkan.

Terkait perjuangan fii sabilillah ini, bukan hanya Allah janjikan kemenangan bagi umat Islam secara komunal. Allah juga menjanjikan kemenangan secara individual.Bagi orang-orang mukmin yang berjuang dengan harta dan jiwa Allah janjikan akan menyelamatkannya dari adzab neraka.

Tak lupa beliau kembali ingatkan jama’ah untuk menjaga shalat malam. Karena shalat malam adalah ciri utama para pejuang. “Fursaanun fin nahaar ruhbaanun fil lail”. Bagai singa di siang hari, bagai rahib di malam hari. Pejuang di siang hari dan ahli ibadah di malam hari.

“Setidaknya kita tetap shalat witir jika baru bangun menjelang adzan subuh,” pungkas beliau.

Di akhir kajian beliau berpesan, agar materi ini tidak sekedar teori beliau mengajak jama’ah untuk mempraktekkan di Pilkada DKI bulan April mendatang. Jama’ah harus bersama-sama berjuang memenangkan pasangan calon muslim. Caranya bisa dengan memaksimalkan hak pilih, mengajak saudara dan tetangga dengan lembut, dan cara-cara lainnya. Asalkan tidak dengan pelanggaran atau cara-cara yang inkonstitusional.[ibw]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Hari Pertama Berkantor Pasca Liburan Syawal, Ust. Rahmat Nasehatkan Agar Upgrade Diri di Ramadan dengan Ibadah Menjadi Peningkat Kinerja

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Aktivitas berkantor Pegawai DPP Wahdah Islamiyah...

Siap-Siap Kader Wahdah Sinjai! Berikut Jadwal Safari Dakwah Ketua Dewan Syariah

SINJAI, wahdah.or.id -- Mulai aktif menjalankan program kegiatan, menjelang...

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...