YPWI Gelar Pelatihan Classroom Management

Date:

(wahdah.or.id) Makassar – Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah (YPWI) bekerja sama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI), menggelar pelatihan Classroom Management di Hotel Grand Malebu Jl. Bonto Manai, Makassar . Pelatihan ini diadakan selama 3 hari mulai Jumat sampai Ahad (30 Maret-1 April 2018) dengan berbagai ragam materi pengelolaan kelas.

Peserta sebanyak 44 orang berasal dari guru pilihan yang mengajar di sekolah-sekolah Wahdah Islamiyah yang berada di Kota Makassar, antara lain SDIT Wahdah Islamiyah 01, SDIT Wihdatul Ummah, dan SD Qur’an Wahdah Islamiyah 02.

Ketua YPWI, Ir. Nursalam Siradjuddin, MM yang membuka acara tersebut, berharap para peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik, sehingga dapat mentransfer ilmu yang didapat rekan guru-guru yang tidak berkesempatan mengikuti pelatihan. “Kita berharap bisa meningkatkan kualitas guru, karena ada dua yang sering muncul yaitu, problem pengajaran dan problem manajemen”, ujar Ustadz Nursalam.

Tujuan kegiatan ini, diharapkan agar pola-pola mengajar guru-guru di kelas yang membosankan agar bisa terlihat menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik.

Hari pertama pelatihan, peserta mengikuti test dan materi dinamika kelompok, kelas ideal, design kelas, dan peraturan kelas.

Classroom Management memberi pengetahuan dan keterampilan bagi guru untuk mengelola kelas yang berbasis karakter. Peserta didik tidak cukup hanya mengetahui informasi dari mata pelajaran, namun peserta didik sangat membutuhkan akan keterampilan cara berinteraksi dan hidup dalam masyarakat yang baik.

Pelatihan ini juga akan memberikan teknik-teknik sederhana yang mendasar tentang bagaimana membangun kelas yang ideal dengan peraturan, prosedur yang jelas, teknik yang aplikatif dalam mengembangkan sikap sosial di kelas yang berbasis karakter dan etika. Selain itu peserta akan melakukan beberapa simulasi konkret tentang bagaimana memberi penghargaan, konsekuensi, dan penyelesaian perselisihan. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Berhasil Mendirikan 22 Sekolah, Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah Luwu Timur Dapat Apresiasi Dari Dinas Pendidikan Kabupaten

MALILI, wahdah.or.id - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di...

Menyongsong Bulan Zulhijah 1445 H, Ini Dia 5 Program Nasional Wahdah Islamiyah

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Pada bulan Zulhijah tahun ini, Panitia...