Workshop “Sekolahnya Manusia”

DPP, Setelah sebelumnya gelar acara Parenting Quality Time yang melibatkan para Orangtua Siswa, YPWI melanjutkan dengan Workshop “Sekolahnya Manusia” yang melibatkan sekitar 140 tenaga pendidik dari enam unit sekolah Wahdah, dari TK-SMA.

                              
Workshop ini diisi oleh Pemateri Tunggal, Ibu Gamar, Direktur YIMA Islamic Islamic School selama dua hari, Rabu-Kamis, 14-15 Juli 2010 di Gedung LAN Antang Makassar.

Dalam Materi pertamanya, Ibu Gamar Direktur Sekolah yang pertama menerapkan Sistem ini, mengatakan bahwa dalam Penerimaan Siswa Baru digunakan Multiple Intelligence Research (MIR), yaitu sebuah riset untuk mengetahui kecendrungan kecerdasan dan gaya belajar siswa sehingga dapat disesuaikan dengan Gaya mengajar guru dan dalam  pembagian kelas sesuai dengan kecendrungan kecerdasan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tidak ada pelajaran yang sulit dan membosankan, maka perlu ada penyamaan gaya mengajar Guru dengan gaya belajar Siswa

Sekolah dapat Unggul jika sekolah mempunyai konsep dan menerapkan sistem secara komprehensif. Sekolah juga dikatakan unggul jika sekolah mempunyai jumlah persentase waktu pelatihan guru yang maksimal, dengan perbandingan 60% Guru Mengajar dan 40 % Guru Belajar lewat pelatihan.

Ada dua strategi pembelajaran dengan MI yang membedakannya dengan sistem lain, yakni dalam hal Isi Pembelajaran, penuh dengan aktivitas siswa dan dalam hal dominasi pembelajaran, apabila  sifatnya Student Taking Time bukan Teacher Taking Time.

Dalam proses Belajar sistem ini, penilaian yang dilakukan tidak hanya dalam ranah kognitif (Daya Pikir) saja, namun juga ranah Psikomotorik  (Hasil Karya) dan afektif (Sikap).

Pengontrolan dalam sistem ini dikenal sebagai Siklus Kontrol Kualitas meliputi Lesson Plan-Konsultasi-Observasi-Feed Back. Empat Siklus Pembelajaran ini akan terus berputar, yang akan mendatangkan kreativitas guru dalam membuat lesson Plan dan mengajar. 

 

 

Artikulli paraprakUstadz Yusran Isi Kajian di Masjid Telkom Bandung
Artikulli tjetërMiliarder Prancis Bersumpah akan Bayar Semua Denda Larangan Cadar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini