Workshop Multimedia: Begini Cara Melakukan Live Streaming dan Hybrid Meeting Suatu Kegiatan

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id Workshop Multimedia sukses dilaksanakan oleh Media Informasi dan Komunikasi (MEDIKOM) Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah, dengan materi tentang cara Live Streaming Kegiatan dan Hybrid Meeting, yang dilaksanakan di Aula Kantor Pusat Wahdah Islamiyah Jl. Antang Raya Kota Makassar, Ahad (14/8/2022).

Selama dua tahun lebih berada dalam kondisi pandemi sehingga membuat berbagai kegiatan harus dilakukan secara online dan juga hybrid. Hal tersebut yang melatarbelakangi sehingga pentingnya di adakan pelatihan tentang cara melakukan live streaming kegiatan dan juga hybrid meeting.

Rustam Hafid yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan agar para peserta bisa menguasasi tata cara live steraming dan hybrid meeting dalam sebuah kegiatan.

“Kita berharap kegiatan ini membuat para peserta mengetahui tahapan produksi live streaming kegiatan dan hybrid meeting, juga memahami konsep dasar routing hardware dan software live streaming kegiatan dan hybrid meeting, dan mengetahui teknik Cable Management, serta terampil mengoperasikan software OBS dan ZOOM untuk live streaming kegiatan dan hybrid meeting,” ujarnya.

Sekretaris Medikom DPP WI tersebut juga menjelaskan berbagai persiapan yang dilakukan sebelum melakukan live streaming dan hybrid meeting, baik dari peralatan dan lainnya.

“Sebelum kita melakukan live streaming dan hybrid meeting, kita harus cek lokasi, membuat routing, list perlengkapan, cek alat, musyawarah Tim, charging perlengkapan, routing, gladi, dan charging perlengkapan,” jelasnya.

Rustam juga menguraikan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan saat melakukan live streaming dan hybrid meeting seperti kamera smartphone, webcam, kamera dslr/mirrorless, camcorder, tripod, konektor kamera seperti kabel usb extender, kabel hdmi, capture card, dan microphone seperti audio interface: audio splitter, usb soundcard, mixer audio, kabel audio. Smartphone dan computer.

Dengan berpindahnya berbagai kegiatan offline ke online, menuntut para lembaga untuk menyiapkan SDM yang siap bekerja dibalik layar dalam mensukseskan sebuah kegiatan seperti live streaming dan hybrid meeting. Hal tersebut disampiakan oleh ketua Medikom DPP WI Abdullah Said.

“Harapan kepada peserta agar fokus untuk mengikuti pelatihan, memperbaiki niat dalam belajar. Kita masuk diera serba digital dan kita yang memahaminya berdakwah sesuai kemampuan yaitu berprofesi dibalik layar,” ungkapnya.

Rep: Muh Akbar
Editor: Absaid

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Siap-Siap Kader Wahdah Sinjai! Berikut Jadwal Safari Dakwah Ketua Dewan Syariah

SINJAI, wahdah.or.id -- Mulai aktif menjalankan program kegiatan, menjelang...

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...