Waspadai Penyakit Pascabanjir

Date:

banjir

Setelah banjir menggenang, biasanya akan banyak penyakit u bermunculan, terutama bila banjir terjadi di negara tropis, demikian BBC News, Kamis.

Tidak hanya penyakit kulit yang mengancam kesehatan para korban banjir, namun beberapa penyakit lain juga akan menyertai bencana ini.

Ancaman penyakit yang seringkali timbul adalah kolera atau infeksi usus akibat air dan makanan terkontaminasi yang menyebabkan diare kronis disertai  muntah. Penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Penyakit lainnya adalah disentri yang menyebabkan mual, diare, penurunan berat badan, nyeri perut dan demam. Disentri disebabkan oleh parasit yang menyerang usus dan menyebabkan infeksi.

Bahaya bakteri E-coli biasanya  cenderung meningkat pascabanjir besar. Gejala yang muncul dan disebabkan bakteri ini adalah diare ringan, kram perut, hingga buang air berdarah.

Air yang menggenang menjadi tempat yang nyaman bagia nyamuk dan  beberapa jenis serangga lain untuk berkembang biak. Pastinya, ini menjadi faktor yang berisiko terjadinya penyakit seperti malaria dan demam berdarah.

sumber : antaranws.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Walau Hewan Kurban Langka dan Mahal, Lewat Laznas WIZ Kurban Para Muhsinin Telah Tersalurkan ke 1.700 Warga Gaza

GAZA, wahdah.or.id -- Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) bersama...

Program GSD, Program Jalan Kita Bersama Ke Surga

MAKASSAR, wahdah.or.id -- GSD atau Gerakan Sejuta Da'i, merupakan...

LAZNAS WIZ Fasilitasi Para Muhsinin Prog. Sedekah Daging ke Jalur Gaza

GAZA, wahdah.or.id - Lembaga Amil Zakat Nasional Wahdah Inspirasi...