Wahdah Luwuk Sukses Gelar Donor Darah

Disambut Antusias Warga, Kumpulkan 30 Kantong Darah


Luwuk, DPC Wahdah Islamiyah Banggai Jum’at, 31 Desember 2010, kembali menggelar kegiatan sosial berupa acara Donor Darah bertempat di Gedung KONI bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah PMI kota Banggai.

Di antara tujuan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali ini untuk membantu Palang Merah Indonesia dalam menyediakan stok darah, selain itu kegiatan ini adalah wujud kepedulian Wahdah Islamiyah Banggai dalam aktifitas sosial terutama untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu sekaligus sosialisasi lembaga Sosial Wahdah Islamiyah Banggai.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Yulianto Labarani, S.Pd selaku Ketua Panitia dalam kegiatan tersebut, Sementara Ketua DPC Wahdah Banggai Dwi Hudiono, S.Hi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk konsisten dengan komitmen Wahdah Islamiyah untuk peduli dan terus berperan aktif pada berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan, dan berharap semoga ini merupakan awal yang baik untuk kemaslahatan sesama.

Alhamdulillah dalam acara tersebut terkumpul sebanyak 30 Kantong Darah, Kegiatan tersebut dimulai jam 09.15 – 11.15 Wita. Hadir dalam kegiatan tersebut Pembina DPC Wahdah Islamiyah Banggai Bapak Ir. Hi. Andi Jalaludin, MM, sekaligus mendaftar sebagai peserta donor darah.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Cabang Luwuk, dr. Gunawan, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, donor darah selain bertujuan untuk membantu sesama juga bertujuan positif bagi pendonor itu sendiri yaitu bagi pendonor secara otomatis akan melaksanakan check up darah. Dr. Gunawan juga menepis fitnah oleh sebagian masyarakat tentang adanya jual beli darah di Kantor Unit Transfusi Darah Cabang Luwuk, bahkan beliau dengan tegas meminta kepada peserta calon donor darah dan masyarakat Luwuk Banggai untuk mencatat atau melaporkan apabila ada oknum yang dengan sengaja menyampaikan berita yang tidak benar tersebut kepada pihak UTD Cab. Luwuk.

Selain membantu orang lain, kegiatan donor ini diyakini bisa membuat pendonor darah sehat. Inilah yang menjadi salah satu motif para pendonor, di antaranya Isal (37) . “Donor Darah kemarin hanya untuk kebugaran badan, membantu sesama tidak lebih,” tutur Isal yang berdomisili di G. Kerinci. Sementara Rahmat (31) Warga Kampung Baru, “Keikutsertaanku dalam acara donor darah kemarin semata-mata keikhlasan karena Alloh, dan hanya bisa berharap semoga setetes darahku dapat berguna buat saudara-saudaraku yang membutuhkannya,” ungkapnya.

Menariknya dalam kegiatan donor kemarin (31/12/2010) seorang peserta donor, Rizal (23), asal mendono, peserta donor terjauh tempat tinggalnya, ketika ditanya oleh panitia “dari mana mengetahui info kegiatan donor darah ini? “saya melihatnya di koran Luwuk Post,” kata Rizal yang baru pertama mendonorkan darahnya, sementara, Rahmat (31) warga kampong baru dan Igal (18) mahasiswa Untika Luwuk, Saking semangatnya, mereka meminta kepada panitia untuk mengantarkan mereka ke kantor UTD Cab. Luwuk agar bisa mendonorkan darah mereka.

Kegiatan donor darah ini terlaksana atas kerjasama dengan mitra Pendukung diantaranya; Percetakan Multi Global, CV. Anugerah Perdana Honda, Depot Air Minum Isi Ulang (OZON), Khanfas, Luwuk Post dan UTD Cab. Luwuk (PMI), olehnya itu atas nama Panitia dan Pengurus DPC Wahdah Islamiyah Banggai mengucapkan Jazaakumullaahu khoiron atas dukungan dan kerjasamanya. (Humas Infokom /Yulianto)

Berita Terkait Sebelumnya:

(Harian Luwuk Post Senin, 27 Desember 2010 Hal.5)

LUWUK-Wahdah Islamiyah bakal menggelar donor darah. Kegiatan itu rencananya akan digelar di gedung koni, jumat (31/12) 2010 mendatang. Indahnya Hidup Ketika Kita Saling Berbagi, itulah tema yang digagas dalam kegiatan tersebut. perbandingan antara jumlah permintaan dan persediaan darah yang tidak seimbang merupakan latar belakang kegiatan ini. Serta kurangnya perhatian masyarakat terhadap masalah-masalah sosial yang ada disekitarnya, terutama yang menyangkut masalah stok darah, masih rendah.

Ketua DPC Wahdah Islamiyah Banggai, Dwi Hudiono, S.Hi kepada Luwuk Post, mengatakan, dengan hadirnya acara ini, diharapkan mampu mengajak seluruh komponen masyarakat akan apa yang terjadi disekitar mereka.
DPC Wahdah Islamiyah Banggai merupakan salah satu lembaga dakwah, pendidikan dan sosial yang telah lahir dan dikukuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai sejak tanggal 29 Februari 2009.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan pihak UTD Luwuk, Percetakan Multi Global Luwuk, OZON (air minum isi ulang), CV. Anugerah Perdana Honda, Sri Jaya, dan Luwuk Post.(ami) lihat e-paper

 

 

 

Artikulli paraprakSMA Wahdah Gelar “Our Muslim” Menggali Potensi Mengembangkan Bakat
Artikulli tjetërWakil Ketua Umum Kukuhkan CRM el Wahdah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini