Wahdah Islamiyah Sebar Dai Nusantara

Gelar Tabliq Akbar di Antang Raya

(Tribun, Rabu 19 Agustus 2009 Kolom Ramadhan)

Makassar, Tribun – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah (WI) menggelar Tabliq Akbar bertajuk Sambut Ramadan dengan Sejuta Hikmah di masjid kantor pusat WI, Jl Antang Raya, Makassar, Senin (17/8).

Kegiatan dihadiri Ketua DPP WI Ustad Muhammad Zaitun Rasmin bersama ratusan jamaah serta berbagai lapisan masyarakat. Ceramah disampaikan Ustad Ihsan Zainuddin.

Tablik akbar digelar untuk menyongsong Ramadan 1430 H dirangkaikan dengan pelepasan 35 dai alumnus STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing) WI.

"Mereka akan bertugas di seluruh Indonesia mulai bulan Ramadan tahun ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP WI Ustad Qasim Saquni kepada Tribun, kemarin.

Dalam kegiatan ini dilakukan penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan Rp 42 juta. Dana ini diperuntukkan untuk alumnus yang akan ditugaskan ke sejumlah daerah tersebut

WI mempersiapkan sekitar 300-an mubalig yang akan tersebar di seluruh kabupaten/ kota Se-Sulsel. Selama Ramadan, WI juga melaksanakan program buka puasa (ifthor) untuk masjid-masjid dan majelis taklim sampai buka puasa on the road dengan membagi-bagikan penganan berbuka.

Ta’lim mengkaji kitab dan salat tarawih dengan bacaan satu juz tiap malam dibeberapa lokasi. Di antaranya Masjid Wihdatul Ummah Jl Abdullah Dg Sirua, Masjd Kampus STIBA Manggala Antang, serta Masjid An Nur Jl Nuri Gowa. Sedangkan salat Tarawih dengan bacaan tartil akan dilakukan di Masjid Darul Hikmah, kantor pusat WI, Jl Antang Raya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menurut Qasim, anggota WI juga melakukan i’tikaf (berdiam diri) untuk memperbanyak ibadah dan untuk meraih Lailatul Qadri di sepuluh malam terakhir di masjid-masjid tersebut. "Pengurus pusat juga akan bersilaturahmi dengan berbagai unsur. Mulai pemerintah, aparatur keamanan, ulama, serta tokoh-tokoh masyarakat," tambah Qasim.(axa)

Kirim Dai ke Aceh
Wahdah Islamiyah, organisasi dakwah yang berpusat di Makassar, melepas 35 dai baru ke Aceh, Bangka Belitung, NTB, Surabaya dan beberapa daerah di Sulawesi.

Pelepasan yang dirangkaikan dengan tablig akbar ini berlangsung di kantor pusat Wahdah Islamiyah, Jl Batua Raya, Makassar, Senin (17/8).
Para dai baru ini merupakan alumni Ma’had `Aly al Wahdah (Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan bahasa Arab) angkatan IV.

"Mereka ini diharapkan menjadi duta dakwah di berbagai daerah sembari menyebarkan pesan-pesan perdamaian yang merupakan inti ajaran Islam," kata Sekretaris Jenderal Wahdah Islamiyah, Muh Qasim Saguni.

Saat pelepasan, peserta tablik akbar berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 23 juta. Uang ini kelak akan dipakai untuk biaya transportasi kepada dai menuju ladang dakwah mereka.(axa)

 

Artikulli paraprakTabligh Akbar WI Menyambut Ramadhan
Artikulli tjetërDewan Syariah : 1 Ramadhan 1430 H Jatuh Hari Sabtu 22 Agustus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini