Wahdah Ceramah Tarwih di Internet

Harian Tribun Timur, Jumat 13 Agustus 2010 Hal.1

Selama Ramadhan 1431 H, Ceramah dan Shalat Tarwih di Masjid Wihdatul Ummah Jl.Abd.Dg.Sirua Makassar dapat didengar di seluruh penjuru dunia melalui internet, berkat fitur Radio Streaming Suara al Wahdah 107,9 FM. Radio Streaming ini bisa diakses di www.suarawahdah.com/www.wahdah.or.id.
 

Ceramah tarwih di Masjid ini dimulai setelah Shalat Isya sampai menjelang pukul 21.00 Wita malam,yang diisi oleh para Ustadz Alumni Timur Tengah, setiap penceramah mendapat tiga malam jadwal dengan pembahasan tematik

Soal Tarwih, kata Sekjen Wahdah Islamiyah, Qasim Saguni, tetap seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni Salat Tarawih dengan bacaan satu juz tiap malam. Dengan demikian tarwih selama Ramadhan menuntaskan Al Quran 30 Juz.

“Jumlah rakaat sama dengan Masjid lainnya, yakni 11 rakaat. Delapan rakaat Shalat Tarwih, dengan variasi dua rakaat-dua rakaat ditambah tiga rakaat Witir,”kata Qasim kepada tribun, Kamis (12/8).

berhubung rentang waktu tarawihnya lebih dari satu jam, yakni pukul 9 malam dan berakhir sekitar pukul 10.30 Wita, maka Pengurus Masjid menyediakan makanan ringan,air kemasan, kurma, dan kue. Makanan dan Minuman ini mulai bisa dinikmati setelah empat rakaat tarwih atau bertepatan masa jeda sekitar 10 menit.

Waktu Istirahat ini digunakan memulihkan stamina jamaah dan imam setelah berdiri lama dan persiapan untuk rakaat berikutnya. Selain itu, waktu ini digunakan Pengurus Masjid untuk membacakan pengumuman-pengumuman.

Selain rakaat shalat yang lama, juga pembacaan Qunut pada rakaat terakhir Witir memakan waktu sekitar 5-10 menit, biasanya beberapa jamaah menangis terharu mendengarkan pembacaan Doa Qunut Imam.

Banyak di antara jamaah datang hanya untuk mengerjakan shalat tarwih, sedangkan shalat Isya dikerjakan di tempat lain atau jamaah yang sudah shalat tarwih di Masjid lain, yang ingin menambah rakaat shalat tarwihnya.

Hal ini dimungkinkan karena shalat tarwih di Masjid Wihdatul Ummah yang dikelola Wahdah Islamiyah baru dimulai pukul 21.00 Wita. Pada umumnya di masjid lain, sekitar pukul 9, tarwih sudah selesai.

Seperti tahun lalu, salat dengan pola ini ternyata banyak diminati umat Islam. Mereka beramai-ramai ke masjid itu.
Shalat dipimpin tiga imam yang sudah Hafal Al Quran 30 Juz, Ustad Hasbin abdurrahim, Ustad Harman Tajang dan Ustad Muh.Basram.

Menurut Qasim,tradisi tamat Al Quran dalam shalat Tarwih ini bisa dilakukan di Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah.

“Kalau mau ikut merasakan Susana tarwih dengan lantunan Al Quran satu Juz tiap malam dapat mengunjungi masjid Wihdatul Ummah. Jl.Abd.Dg. Sirua No.52 J,” kata Qasim
Kata Qasim, Jamaah biasanya paling banyak datang pada saat 10 terakhir Ramadhan. Mereka biasanya i’tikaf atau berdiam diri

Setelah beristirahat, jamaah bisa mengikuti Shalat lail yang dilanjutkan pukul 2 dini hari sampai menjelang sahur.(apr)

Scan Berita Koran

Artikulli paraprakDPC Tarkan Silaturahmi Kepala Dinas Pendidikan
Artikulli tjetërWahdah Isi Ceramah Ramadhan di RRI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini