Ustadz Yusran Anshar Sebut Dakwah dan Tarbiyah Adalah Jihad yang Utama Sekarang

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id – Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah Ustaz Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., MA menyampaikan Ceramah Subuh dalam rangkaian Musyawarah Kerja Nasional Wahdah Islamiyah dengan mengangkat tema seputar sirah nabawiyah, di Masjid Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Ahad (26/11/2023).

“Pertemuan yang semacam ini adalah pertemuan Untuk kembali mengecas keimanan kita, menguatkan komitmen kita, dan mendapatkan sekian banyak faedah-faedah inspirasi, motivasi dari para asatidah kita, para tokoh-tokoh yang menjadi narasumber. Semuanya ini adalah bekal yang terbaik untuk kita melanjutkan perjuangan setelah agenda Mukernas ini,” tuturnya.

Ustaz Yusran juga menjelaskan bahwa di momen yang semacam inilah ketika telah selesai tugas untuk belajar mendengarkan nasihat dan mendengarkan arahan-arahan Nabi SAW menyampaikan kepada seorang Muad bin Jabal kepada seorang Abu Musa Al-Ash’ari kepada seorang Tufail bin Amr Al-Dawsi kepada Abu Dzar Al-Ghifari kepada Zimam bin Sa’labah dan sekian banyak sahabat yang datang khusus untuk Belajar dan mendapatkan nasihat dari Nabi SAW.

“Ketika selesai masa daurah ini Atau masa Belajar ini Masa mendengarkan nasihat ini, Nabi kita SAW melepaskan mereka semuanya untuk kembali melanjutkan perjuangan dengan pesan amalkan dan dakwahkan,” ungkapnya.

“Berkumpul dalam Mukernas ini, kita telah capek telah bersusah payah menempuh perjalanan dan mengikuti rangkaian Mukernas yang begitu padat, inilah letak kebahagiaan kita bagi para dai dan para pejuang dalam makna yang hakiki, adapun istirahat dalam makna-makna duniawi itu bukan tempatnya, kerana capek-capek kita kerena Allah adalah capek-capek yang berpahala,” lanjutnya.

Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat tersebut menegaskan bahwa orang yang paling beruntung di antara kita adalah yang telah banyak mengambil manfaat dari agenda Mukernas ini dan menjadi inspirasi yang sangat berharga baginya, motivasi yang berharga baginya untuk berbuat yang lebih baik ke depan.

“Jihad kita untuk saat sekarang ini adalah jihad dengan dakwah dan tarbiah, maka mari kita Kembali berjihad, kembali Berjuang, kembali bersungguh-sungguh untuk mengamalkan apa yang telah kita dengarkan untuk diri kita sebelumnya, kemudian kita sampaikan kepada yang lainnya,” tegasnya.

“Kita semua adalah pejuang dan ujian di depan kita adalah berbeda-beda. Namun tidak akan berjaya dan tidak akan lepas dari hal-hal yang berat yang mungkin kita hindari. Tapi di sana pada hakikatnya ada janji-janji kebahagiaan yang hakiki, sebagaimana ujian-ujian duniawi kita tidak menghindarinya, tapi kuasai dengan baik dan berhati-hatilah,” tambahnya.

Ketua Senat STIBA Makassar tersebut juga mengingatkan bagi para dai dan pejuang dakwah akan bahayanya fitnah dunia dan wanita.

“Fitnah dunia dan fitnah wanita, tidaklah kita sebagai para murabbi, sebagai seorang penasihat, sebagai seorang khatib yang selalu berkhutbah di atas mimbar, sebagai seorang penulis yang selalu menulis, tidaklah aman dari hal yang mungkin orang-orang amat berat bisa selamat dari itu semuanya, kerana dia adalah fitnah yang telah diwanti-wanti oleh Nabi SAW,” imbuhnya.

Ustaz Yusran juga mengajak para peserta Mukernas untuk saling mendoakan dengan doa-doa yang tulus, agar kita tidak berpisah dari shaf perjuangan ini, tidak mundur dari perjuangan ini, perjuangan dakwah dan terbiah untuk meninggikan agama Allah subhanahu wa ta’ala

“Semoga cinta kerana Allah ini menjadikan kita menjadikan kami bisa bersama antum-antum di surga Allah subhanahu wa ta’ala, kerana Nabi kita telah berjanji bahwa seseorang itu akan bersama dengan orang-orang dicintainya,” tutupnya.

Rep, Editor: Pusmedikom WI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Menindaklajuti pertemuan di Perlis, Dr. Juanda Asal Malaysia Kunjungi Kantor DPP Wahdah Islamiyah Jakarta

JAKARTA,wahdah.or.id - Ketua Penolong Pengarah Dakwah Jabatan Agama Islam...

Peserta Didik Sekolah Inspirasi Laznas WIZ Raih Juara Lomba di Al Qalam Gowa Islamic Competition 2024

GOWA, wahdah.or.id - Seorang murid Sekolah Inspirasi Laznas Wahdah...

Ada 3 Jenis Hati, Berikut Penjelasan dan Cara Menghidupkan Hati yang Sakit atau Mati

Jenis hati itu ada tiga. Hati yang sehat, hati...

Ketua DPW Maluku, Ust. Firman: Jaga Semangat Menolong Agama Allah, Allah Akan Berikan Pertolongan-Nya

AMBON, wahdah.or.id -- Satu lagi Dewan Pengurus Daerah Wahdah...
Penataran Seputar Ramadan 1445 H