Selayang Pandang TK Islam Wihdatul Ummah

Taman Pendidikan Prasekolah
(Sebagai Penyejuk Hati)

 
 

                   

                 

Alamat

Jl.Abdullah Daeng Sirua No.50 Makassar (Lt.1 Masjid Wihdatul Ummah)
Telp. (0411) 5020752


Sejarah Berdiri

Disaat semakin menjamurnya TK-TPA (Taman pendidikan Alqur’an) kala itu, disaat itulah beberapa pengurus Yayasan pesantren wihdatul Ummah mengusulkan untuk mendirikan TK Islam yang lebih formal, agar mendapat nilai tambah yang lebih.walaupun pada saat itu sudah banyak  TK yang sudah berlabel Islam seperti Tk Aisyah, namun masih minim materi keislaman yang diajarkan Pada TK tersebut. Melihat latarbelakang inilah pengurus Yayasan mengawali langkah untuk membuka penerimaan murid baru tepatnya pada bulan Juni 1997. pada awal berdirinya masih menggunakan ruangan dan fasilitas yang terbatas dan belum mendapat legalitas formal dari dinas pendidikan. Jumlah Murid pada saat itu hanya 22 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan namun proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
   
Alhamdulillah berkat usaha yang maksimal kepala sekolah pada waktu itu Al Ukti Darmiati dan beberapa Pengelola Yayasan, akhirnya pada tanggal 27 November 2001 memasuki masa tiga tahun berjalan telah mendapat izin opersional dari Dinas P dan K Kota Makassar Nomor 425/3781/PPK XI/2001 NSS:002196, dengan nama TK Islam Terpadu Wihdatul Ummah (TKIT Wihdatul Ummah)
   
Dari tahun ke tahun jumlah murid yang mendaftar di TK ini semakin bertambah, diminati seluruh komponen masyarakat, mulai dari masyarakat kalangan bawah, menengah dan atas dengan latar belakang keluarga yang berprofesi sebagai praktisi pendidikan, dokter, TNI serta berbagai profesi lainnya.
   
Adapun kurikulum yang digunakan menitikberatkan pada pendidikan agama yang dipadukan dengan pelajaran umum. Di samping itu diajarkan pula Program Penunjang lainnya seperti pengenalan Bahasa Arab, bahasa inggris, pengenalan computer, serta BCM (Bermain Cerita Menyanyi)
   
Fasilitas yang dimikiki sekolah ini seperti yang dimiliki umumnya TK, seperti : luncuran, ayunan, panjatan, putaran, perahu goyang dan beberapa fasilitas lainnya, yang kesemuanya dapat membantu dalam merangsang kreatifitas dan daya pikir anak didik. Selain fasilitas bermain, sekolah ini mempunyai ruangan belajar yang representatif  dengan nuansa dunia anak, dan fasilitas penunjang diantaranya angkutan antar jemput, poliklinik, lokasi yang aman polusi serta memberikan beasiswa bagi murid yang berprestasi.
   
TKIT Wihdatul Ummah selama dua tahun terakhir ini telah menoreh  beberapa prestasi yang membanggakan, diantaranya :
–    Juara I Lomba Baca Doa Harian tingkat Kecamatan
–    Juara I dan III Lomba Engleng
–    Juara II Lomba Nasyid
Beberapa prestasi di atas tidak lepas dari sentuhan para pengajar yang amanah dan professional sesuai bidangnya dengan latarbelakang pendidikan PGTKA dan perguruan tinggi, yang sampai saat ini jumlah pengajar sebanyak 9 orang.

 

Data Peserta Didik

Hingga tahun 2008, TKIT Wihdatul Ummah telah menghasilkan 12 angkatan lulusan. Dengan total alumni sebanyak 1002 dan jumlah siswa  tahun ajaran 2008/2009 sebanyak  114

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here