Tingkatkan Skill Dakwah Media, Muslimah Wahdah Makassar Adakan Kelas Media Informasi dan Komunikasi

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id – Unit Humas dan Informasi Komunikasi Muslimah Wahdah Daerah (MWD) Makassar adakan kegiatan Kelas Media Informasi dan Komunikasi yang di hadiri oleh puluhan muslimah dari berbagai usia, mulai dari kalangan muslimah kampus hingga ibu-ibu kecamatan bertempat di gedung Pusat Dakwah Muslimah Lantai 3, Jl Antang Raya, Sabtu, (23/09/2023).

Kegiatan ini mengangkat tema “Enrich your mind in building public speaking skills and becoming a thoughtful journalist” dengan tujuan untuk meningkatkan skill kompetensi dakwah media khususnya di bidang jurnalistik dan public speaking dengan menghadirkan pemateri yang handal dibidangnya masing-masing yaitu Ustadzah Hapsah Marala, S.T., M.Si. dan Ustadzah Zelfia Amran, S.IP., M.M., M.Sos.I.

“Berita yang banyak dilihat oleh orang lain adalah berita yang dari judulnya saja sudah membuat kita penasaran dengan isinya,” ujar eks reporter harian fajar tahun 2005-2008 ini.

Ia menambahkan bahwa seorang jurnalis dalam berdakwah harus senantiasa menyeruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar.

Sebagaimana dalam satu hadist Riwayat Muslim No 49 dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa dari kalian melihat kemungkaran, ubahlah dengan tangannya. Jika tidak bisa, ubahlah dengan lisannya. Jika tidak bisa, ingkarilah dengan hatinya, dan itu merupakan selemah-lemahnya iman.”

Lebih lanjut dalam kegiatan ini, Ustadzah Zelfia Amran yang telah malang melintang dibidang public speaking juga memberikan materi yang membuat peserta begitu antusias dalam menyimak materi yang diberikan, ia memaparkan teknik dan tips komunikasi yang baik sehingga pesan dakwah bisa sampai kepada orang lain.

“Bicara itu tidak sekedar asal, bicara itu harus bisa menggerakkan orang lain, maka perlu belajar lebih mendalam tentang teknik public speaking,” ungkap dosen komunikasi UMI ini.

Ustadzah Eti Sumarni, S.Si selaku ketua MWD Makassar dalam sambutannya berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dan menjadi jurnalis yang bijaksana.

“Kebanyakan di luar sana masih banyak orang yang memberitakan tidak sesuai fakta, maka seorang jurnalis muslim harus memberitakan fakta/realita dan bijak dalam bermedia serta dengan kemampuan berbicara yang baik bisa membangun relasi dalam meningkatkan penyebaran dakwah,” terangnya.

Rep: Medikom MWD Makassar
Editor: Muhammad Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Bela Palestina, Wahdah Islamiyah Se Indonesia Serukan Hentikan Genosida Di Palestina

MAKASSAR, wahdah.or.id – Ormas Islam Wahdah Islamiyah menggelar aksi...

Peduli Terhadap Gaza dan Palestina, Bukti Sejati Persaudaraan Seorang Muslim

Khutbah Pertama: إن الحمد لله، نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله...

Konferensi Pers Wahdah Islamiyah: Dunia Tidak Boleh Diam Menyaksikan Kekejaman Zionis Israel

JAKARTA, Wahdah.or.id - Ormas Islam Wahdah Islamiyah akan mengadakan...

Kembangkan Potensi Usaha Air Minum Dalam Kemasan, Wahdah Water Tarik Minat Para Investor dengan Brand Baru

MAKASSAR, wahdah.or.id - Wahdah Water, perusahaan air minum dalam...