Tingkatkan Kepeduliaan Pemuda Terhadap Lingkungan, DLH DPP WI Inisiasi Pembentukan UKM Lingkungan Hidup STIBA Makassar

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id – Departemen Lingkungan Hidup DPP Wahdah Islamiyah menginisiasi dan bertahap mencari solusi dari permasalahan lingkungan hidup dengan melalui pembinaan, pembentukan UKM Lingkungan Hidup STIBA Makassar dan melanjutkan melakukan kegiatan pembekalan dan studi banding dengan Tema “Menjadi pengurus hebat, Profesional dan bermanfaat bagi umat” pada hari sabtu – ahad, 8-9 Juli 2023.

“Pelaksanaan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk membangun karakter dan akhlak peduli lingkungan khususnya untuk generasi muda dikalangan mahasiswa yang kedepan akan menjadi penggerak dan pelopor perbaikan lingkungan hidup di masa yang akan datang. Kegiatan ini terbagi dalam dua bagian. Pada bagian pertama mendapatkan materi terkait peduli dan membangun akhlak terhadap lingkungan serta Upaya solusi untuk mengatasinya kemudia pada bagian kedua mendapatkan materi di lapangan dengan studi banding ke TPA Antang dan BPTH Wilayah 2 Gowa,” ujar Ustaz Ariesman selaku Ketua DLH DPP WI.

Kunjungan pertama di terima oleh Kepala UPT TPA Dinas Lingkungan Hidup bapak Nasrun menjelaskan tentang permasalahan sampah di TPA Antang dan Upaya pemerintah untuk terus mencari solusi yang efektif serta jangka Panjang agar dampak sampah yang di hasilkan aman bagi manusia dan lingkungannya, Kemudian kunjungan ke BPTH Wilayah II persemaian Gowa di terima dan didampingi oleh pak udin dan pak adi yang menjelaskan proses pembibitan dari tahap awal sampai penyeluran ke masyarakat, kunjungan terakhir di kebun hidroponik lumbung pangan al-kaustar.

Menurutnya, salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya kepedulian itu terkait dengan kebiasaan, perilaku dan karakter. Ustaz Ariesman menegaskan bahwa disinilah pentingnya membangun Pendidikan karakter atau akhlak peduli lingkungan, terlebih lagi saat ini generasi muda sebagai pelanjut peradaban dan perbaikan, masih minim yang memiliki perhatian pada lingkungan.

“Permasalahan bersama yang dihadapi saat ini adalah kerusakan lingkungan hidup yang dampaknya dirasakan diseluruh dunia. Perilaku manusia yang kurang peduli dan perhatian pada lingkungannya menyebabkan lingkungan semakin hari semakin rusak dan sangat memprihatinkan,” tuturnya.

Ustaz Ariesman menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya Departemen Lingkungan Hidup Wahdah Islamiyah untuk terus memikirkan dan berupaya untuk mengambil peran dan kontribusi untuk menyelesaikan persoalan lingkungan hidup yang dihadapi bersama.

“Meskipun pemerintah dan berbagai pihak sudah berupaya memberikan binaan, bimbingan, dan arahan tentang kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, ternyata tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat masih rendah,” pungkasnya.

Rep, Editor: Muh Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...

10 Hari Terakhir Ramadan: WIZ Terus Layani Dapur Umum di Khan Yunis, Palestina, 432 Orang Terbantu

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki 10 hari terakhir Ramadan,...