Tim Ketiga KNRP Menuju Gaza

CAIRO – Rombongan Tim Kemanusiaan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) yang terdiri dari tujuh orang dokter, empat asisten medis, dan dua relawan tiba di Cairo, Rabu (4/2) dini hari tiba di Cairo, Mesir untuk kemudian menuju Gaza.

Tim KNRP yang terdiri atas sejumlah lembaga kemanusiaan nasional seperti PKPU, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Wahdah Islamiyah, dan Dompet Dhuafa, akan menggantikan tim dokter dan relawan medis yang sudah lebih dari sepekan berada di Gaza. Tim KNRP sebelumnya akan keluar dari Gaza hari  Rabu sore ini menuju Cairo dan kemudian kembali ke Jakarta.

Ketua Tim KNRP Suryama M Sastra mengatakan, tim yang baru datang merupakan tim ketiga. Sebelumnya, ketika awal-awal penyerbuan militer Israel ke Jalur Gaza, KNRP mengirim dua orang observer untuk menjajagi berbagai kemungkinan menyalurkan bantuan, baik  bahan makanan, obat-obatan, dan peralatan medis lainnya seperti ambulan, kursi roda, dan lainnya.  Hingga saat ini KNRP melalui BSMI sudah menyumbangkan tiga unit ambulan. Kemudian juga obat-obatan dan peralatan medis senilai lebih kurang Rp. 10 miliar.

"Tim yang sekarang datang menggantikan mereka yang sudah sepekan bekerja di Gaza," kata Suryama, yang juga anggota Komisi I DPR RI, di Cairo, Rabu (4/2).

Suryama menjelaskan, misi tim KNRP kali ini selain membantu secara medis rumah-rumah sakit di Gaza, juga akan mendirikan rumah sakit lapangan. Hal ini mengingat minimnya fasilitas perawatan kesehatan bagi warga Palestina yang menjadi korban serangan Israel. Sementara jumlah korban yang memerlukan penanganan intensif demikian banyak.

Saat ini tim KNRP menunggu ijin untuk bisa masuk ke Gaza. Namun imbauan dari otoritas setempat yang mengimbau relawan asing, termasuk dari Indonesia  untuk meninggalkan Gaza membuat tim KNRP tertahan untuk masuk ke Gaza.

Tim ketiga KNRP ini menurut rencana akan berada di Gaza selama dua pekan hingga satu bulan. "Kita lihat situasi di lapangan. Rencananya dua minggu sampai satu bulan tim di sana (Gaza)," imbuh Suryama. (Hartono, Media Officer Tim KNRP)

Artikulli paraprakSAHABAT RASULULLAH SAW. DALAM PANDANGAN AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH
Artikulli tjetërTim KNRP Terus Berusaha Masuk Gaza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini