Terkait Jadwal Imsakiyah Ramadhan, Ini Usulan Dewan Syariah Wahdah Islamiyah

Date:

(wahdah.or.id) Makassar – Jadwal imsakiyah Ramadhan hendaknya diberi tambahan penjelasan atau cataan kaki bahwa jadwal itu hanya sebagai ihtiyath, untuk kehati-hatian saat makan sahur dan bukan penetapan akhir waktu untuk menahan sahur.

Usulan tersebut disampaikan oleh ketua Komisi Rukyat dan Falakiyah (KRF) Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ustadz Sirajuddin Qasim, Lc. saat menghadiri pertemuan pembahasan jadwal Imsakiyah Ramadhan di Grind and Pull, Jl. Andi Mappanyuki Makassar, pada Selasa 9 Rajab 1439 H (27/03).

Bagi sebagian masyarakat, jadwal imsakiyah memang masih dipahami sebagai batas akhir untuk makan dan minum sahur, padahal seseorang masih bisa bersahur hingga masuknya waktu Subuh.

Pertemuan yang dihadiri Badan Hisab Rukyat (BHR) KEMENAG, UNISMUH, UMI, UIN, IMMIM, WI selain membahas jadwal imsakiyah Ramadhan juga membahas tentang rencana observasi hilal serentak di Makassar dan Kabupaten Barru.

Menurut perhitungan hisab, pada Selasa 29 Syaban 1439 atau 15 Mei 2018, posisi hilal masih di bawah ufuk ketika terbenam matahari. Sehingga awal Ramadhan diperkirakan jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2019 M dengan cara istikmal.

“Namun hal ini akan dipastikan dengan rukyatul hilal nanti insyaAllah.” Ungkap ustadz Sirajuddin Qasim kepada wahdah.or.id.

Tim KRF Wahdah Islamiyah bersama lembaga lainnya insyaAllah akan melakukan observasi hilal di puncak gedung GTC Tanjung Bunga, Makassar.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Supervisor Pusat-Pusat Spill 9 Bidang di DPP Wahdah Islamiyah Untuk Tingkatkan Aktivasi Fungsi Media

JAKARTA, wahdah.or.id -- Konsolidasi Pusmedikom dengan para pengurus Media...

Ust. Rahmat Teken Kontrak PKS Dengan BSI: Kami Akan Tetap Bersama Untuk Memperkuat Potensi Umat Islam.

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Kesepakatan penting antara Wahdah Islamiyah dan...

Segera Hadir! Politeknik Wahdah Islamiyah Dapat Dukungan Dari Bank Syariah Indonesia

MAKASSAR, wahdah.or.id — Politeknik Wahdah Islamiyah siap hadir dengan...