MAKASSAR – Muhammad Ghazali Akbar (Ahmad) dan Kamil Ramadhan adalah dua Hafidz Cilik asal Indonesia. Keduanya merupakan anak yatim sekaligus santri di Pesantren de Muttaqin Islamic Boarding School Yogyakarta.

Ahmad yang berusia 9 tahun, berasal dari Tegal Jawa Tengah. Dia berhasil menghafal Alquran 30 Juz hanya dalam waktu 8,5 bulan. Keunggulan Ahmad, selain hafalannya yang kuat, Ahmad selalu terlihat tenang dan suaranya pun sangat indah.

Tidak kalah dengan Ahmad, ada Kamil yang berhasil mengkhatamkan hafalan Alquran 30 juz hanya dalam waktu 6,5 bulan. Tidak cukup dengan itu, dia berhasil mengkhatamkan dengan ingatan yang cukup baik.

Tapi tahukan anda, ternyata tak hanya mahir menghafal Alquran. Ahmad dan Kamil pun mempunyai kelebihan lain yang baru diungkap saat hadir di kegiatan Ummat Fest 2019 yang digelar di Gedung Celebes Convention Centre Makassar, Sabtu (9/11/2019).

“Saat ini Ahmad dan Kamil sudah hafal terjemahan Alquran 10 juz berbahasa Inggris hanya dalam waktu dua bulan. Insya Allah tahun depan bahasa Mandarin,” ungkap ustadz Ike Muttaqin, sang guru, sekaligus ayah asuh, sekaligus pembina pesantren tempat Kamil, Ahmad dan 18 anak yatim lainnya menghafal Alquran.

Target hafalan terjemahan ini kata ustadz Ike adalah proyek besar yang saat ini sementara ia gagas. Seperti diketahui bersama, nama besar Ahmad dan Kamil dikenal pertama kali saat keduanya beradu kemampuan di acara Hafizh Indonesia beberapa tahun yang lalu, termasuk saat keduanya diundang langsung ke Rusia mewakili Indonesia. []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here