Tabligh Akbar Wahdah
di Rumah Ketua Komisi II DPRD Sidrap

Setelah berlalunya bulan suci Ramadhan tahun ini beberapa kegiatan telah digelar pada pekan ini mulai dari  Silaturrahmi dan Rapat Koordinasi Ranting Baranti dengan Pengurus Cabang,  serta kegiatan umum yakni tabligh akbar bersama  Sekjen DPP Wahdah Islamiyah, kajian tematik bersama   Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Serta tabligh akbar rutin di Ma’had Al-Iman Al-Wahdah.

Musyawarah Ranting Baranti

8 September 2011 Ranting Baranti menggelar musyawarah kerja dan koordinasi serta silaturrahmi dengan pengurus Cabang bertempat di sekretariat Wahdah Baranti. Hadir diantaranya Ketua Umum DPC Wahdah Islamiyah Sidrap, Ustadz H. Muhammad Said Saad, Lc dan Koordinator Departemen Dakwah dan beberapa pengurus cabang lainnya serta hadir juga dalam silaturrahmi yang dirangkaikan dengan buka puasa Syawal bersama ini Ketua Cabang dari PasangKayu.

Tabligh Akbar di Rumah Ketua Komisi II DPRD Sidrap
Sabtu, tanggal 11 Syawal 1432 H bertepatan tanggal 10 September 2011. Lembaga Sakinah DPC Wahdah Islamiyah bekerja sama dengan Lembaga Muslimah (LM) Wahdah Sidrap telah mengadakan sebuah acara bertajuk “ Tabligh Akbar Keluarga Sakinah : Jembatan Bahagia Dunia – Akhirat ”. Dalam tabligh akbar ini Sekjend DPP Wahdah Islamiyah – Ustad Ir. H. Muhammad Qasim Saguni, MA – bertindak sebagai pemateri.

Kegiatan tabligh akbar keluarga sakinah yang berlangsung dari jam 09.00 wita sampai dengan jam 12.30 wita ini diselenggarakan berkat dukungan penuh dari Bapak Ir. H. Muhammad Pelita Umar. Beliau adalah Ketua komisi II DPRD Kab. Sidrap. Disamping menyiapkan rumah beliau  yang cukup luas dan megah sebagai tempat diadakannya tabligh akbar, beliau juga menanggung semua biaya dalam kegiatan ini, termasuk menyiapkan konsumsi makan siang bagi semua peserta. Adapun jumlah peserta adalah lebih dari 200 orang yang terdiri dari pengurus WI Sidrap, kader, simpatisan, ibu-ibu majelis ta’lim serta masyarakat umum.

Dalam penyajian materi tabligh akbar, Ustad Ir. H. Muhammad Qosim Saguni, MA menyebutkan indikator keluarga sakinah. Pertama, terciptanya suasana tenang, tentram, damai, rukun, penuh cinta kasih dalam keluarga (QS. Ar-Rum/30: 21). Kedua, “Qurrata’ayyun”. Masing-masing anggota keluarga; orang tua dan anak-anak – menjadi penyejuk mata / pandangan. Hal ini dapat diwujudkan dengan memperbanyak amalan-amalan saleh. Dan ‘lil muttaqiina imama” anggota keluarga; orang tua dan anak-anak menjadi pemimpin dan menjadi pelopor dalam perkara-perkara kebaikan. (QS. Al-Furqan/25: 74). Ketiga, Sebagai sarana / tempat tinggal yang sarat dengan keberkahan (QS. Al-Mu’minun/23: 29)

Adapun untuk membangun keluarga sakinah, ustadz menguraikan 6 pilar, yaitu:Iman dan amal soleh, Saling mencintai, Komunikasi dan musyawarah, Sifat qonaah, Saling memahami (kelebihan dan kekurangan), Manajemen keuangan dengan baik. Dengan pilar-pilar ini berbagai sumber-sumber munculnya masalah dalam rumah tangga dapat teratasi, sumber-sumber itu diantaranya masalah keuangan keluarga, belum punya anak, intervensi mertua, dan berbagai ragam perbedaan antara suami-istri.

Disamping menjadi pemateri dalam tabligh akbar, Ustadz yang baru menyelesaikan Magister Pasca Umi ini juga menyempatkan diri mengisi Tarbiyah Gabungan dan Musyawarah Konsolidasi dengan pengurus DPC Wahdah Islamiyah Sidrap bertempat di Rumah Ketua DPC WI Sidrap, Ustad H. Muhammad Said Saad, Lc.

Selain itu Ustad juga mengisi ta’lim umum ba’da Subuh di Markaz Dakwah Masjid Al Ikhlas Rappang, dengan judul materi substansi dan keutamaan Silaturrahim. Selanjutnya melakukan kunjungan silaturrahim ke rumah penasehat DPC WI Sidrap sekaligus tokoh masyarakat, H. Zulkifli (H. Pilli) di Baranti. Dalam kunjungan kali ini, ustad Qasim datang bersama istri dan beberapa anak-anak beliau.  

Kajian Tematik dan Tudang Sipulung  Bersama Wakil Ketua Umum
Tanggal 16 September 2011 Wahdah Islamiyah Sidrap juga menggelar
kajian tematik  bersama Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Ustadz
Muhammad Ikhwan Abdul Jalil, Lc.

Ustadz dalam kajian ini mengangkat tema mengenal Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab. Selain mengisi kajian Wakil Ketua Umum sebelumnya juga menjadi khatib Jum’at di Masjid Al-Ikhlas, Markaz Dakwah Wahdah Islamiyah Sidrap yang dihadiri tidak kurang dari 500an jamaah. Serta memberikan taujihat kepada pengurus cabang Wahdah Islamiyah Sidrap dalam musyawarah atau tudang sipulung ba’da Ashar di rumah Ketua Cabang Wahdah Sidrap.

Sabtu, 17 September 2011 diadakan Tabligh Akbar rutin bulanan setiap
pekan ketiga hari Sabtu Ba’da Ashar di Ma’had Al-Iman Al-Wahdah kali
ini diisi oleh mahasiswa LIPIA Jakarta, Ustadz Muttaqin Rusli yang
juga merupakan pengurus Wahdah Islamiyah Jakarta. (Andi Mu’min
Albaranti/*)
 

Artikulli paraprakBelajar Al-Qur’an Gratis Bersama LP3Q
Artikulli tjetërSilaturahim Dan Tabligh Akbar DPC Kendari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini