Syekh As-Sudais: Makna Wasathiyah (Moderat) Islam Harus Dirujuk dari Ulama

Date:

IMG-20141029-WA0000

Imam Masjidil Haram – Imam Masjidil Haram Syekh DR. Abdul Rahman bin Abdul Aziz As-Sudais mengtakan bahwa Islam adalah agama wasathiyah (pertengahan) dan adil. Namun apakah hakikat dan makna wasathiyah dan adil, serta siapakah yang memiliki otoritas menjelaskan makna wasathiyah tersebut? “Yang berhak menjelaskannya adalah para ulama rabbaniyun”, ujar Syekh Sudais dalam sambutannya pada Seminar Internasional di hotel Shangrilla Jakarta pada Selasa (28/10).

IMG-20141028-WA0002

Makna wasathiyah dan keadilan Islam tidak sepantasnya diambil dari pemahaman para ekstrimis atau pengikut hawa nafsu yang selalu mengapangkan persoalan. “(makna wasathiyah tidak pantas diambil dari pemahaman para ahlul ahwa”, tegasnya.

Sebab wasathiyah yang merupakan ciri khas Islam diklaim pula oleh pengikut hawa nafsu. Mereka menyebut diri sebagai Muslim moderat, namun pada saat yang sama mereka sangat intoleran dan selalu mengabaikan prinsip-prinsip pokok dalam Islam.

Seminar tersebut mengambil tema “Al-Wasathiyah Fil Qur’an Was Sunnah Wa Tathbiquha al-Mu’ashirah Fis Su’udiyah wa Indunisuyah; Wasathiyah dalam Perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah dan Aplikasinya Pada Masa Kini di Saudi Arabia dan Indonesia. Seminar ini terselenggara atas kerjasama Universitas Islam Madinah dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...

10 Hari Terakhir Ramadan: WIZ Terus Layani Dapur Umum di Khan Yunis, Palestina, 432 Orang Terbantu

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki 10 hari terakhir Ramadan,...