KUPANG – Tim Relawan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) diberangkatkan ke lokasi bencana di Nusa Tenggara Timur. Mereka terdiri dari unsur tenaga kesehatan (nakes), dan divisi program kemanusiaan.

Direktur Laznas WIZ, Syahruddin mengatakan para sukarelawan dipilih dari personel yang sudah berpengalaman berada di lokasi bencana alam dalam menuntaskan misi sosial.

Kali ini, lanjutnya, WIZ tak hanya memberangkatkan sukarelawan namun juga obat-obatan.

“Satu orang tim medis kita berangkatkan tadi subuh dan rencananya akan transit di Bandara Frans Seda Maumere,” jelasnya, Kamis (8/7/2021).

Tim Media WIZ merilis jalur keberangkatan relawan ke titik bencana. Relawan dijadwalkan menuju Maumere terlebih dahulu via penerbangan udara, kemudian melanjutkan perjalanan dari Larantuka ke Flores via laut menggunakan speed boat. Setelah itu menuju Pulau Adonara yang ditaksir memakan waktu kurang lebih tiga jam lamanya.

“Daerah ini merupakan wilayah terparah, peristiwa banjir bandang beberapa hari yang lalu di Kabupaten Flores Timur,” rilis Media WIZ.

Koordinator relawan Ridwan Umar mengatakan, tim akan diterjunkan di tempat sulit dan porak poranda terkena banjir. Hasil assessment digunakan agar semua anggota sukarelawan aman dan sehat.

“Di Adonara kita akan coba survei titik bencana sekaligus pengungsi yang butuh bantuan,’’ jelasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here