STIBA Makassar Terapkan Budidaya Tanaman Hidroponik

Date:

(Makassar-Wahdah.Or.Id) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar sukses menerapkan sistem budidaya tanaman dengan hidroponik. Panen perdana dilakukan pada 16 Desember 2016 lalu.

Ariesman S.TP M.Si, Dosen STIBA sekaligus Ketua Unit Lingkungan Hidup DPP Wahdah Islamiyah menjadi prakarsa dalam penerapan sistem ini di lingkup STIBA. Proses awal pembuatan sistem hidroponik dimulai pada Sabtu, 22 Oktober 2016. Bertempat di area Masjid Anas bin Malik, Ariesman memberikan arahan dan bimbingan kepada sekitar 140 Mahasiswa PMH 3 A-E dalam pembuatan kerangka dan struktur bangunan hidroponik. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan seluruh perangkat dan bahan yang dibutuhkan serta tips bercocok tanam hidroponik. Selang 45 hari setelah penanaman, sayuran kangkung, sawi, dan selada sudah dapat dipanen.

Pasca panen perdana, tanaman yang dibudidayakan semakin bervariasi seperti bayam, selada, pakcoi dan jenis tanaman hortikultura lainnya. Selain itu, mahasiswa sudah semakin terbiasa dan mulai terampil bercocok tanam dengan sistem yang menggunakan media tanam berupa rockwool ini.

Menurut Ariesman bercocok tanam dengan hidroponik menjadi langkah awal yang dilakukan untuk menjadikan STIBA Makassar sebagai institusi yang mandiri dalam hal pangan. Sistem yang sederhana, tanpa media tanah, dan nutrisi tanaman lebih terkontrol, menjadikan hidroponik pilihan utama dalam pengembangan pertanian di STIBA dan khususnya di daerah perkotaan. “Apalagi lahan pertanian yang semakin sedikit akibat alih fungsi lahan menjadi pemukiman.” ungkap alumni Unhas ini.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Aksi Sport Solidarity Day, Ust. Zaitun Rasmin: Jangan Biarkan Ada Negara Penjajah Turut Hadir di Ajang Olimpiade

JAKARTA, wahdah.or.id - Aksi SPORT SOLIDARITY DAY yang digelar...

Koperasi Emas DPD Wahdah Sidrap Dapat Kunjungan Dari Wahdah DPD Berau: Sinergi Untuk Kemandirian Ekonomi

SIDRAP, wahdah.or.id – Dalam upaya memperkuat kemandirian ekonomi lembaga,...

Olimpiade Paris 2024 Segera Dimulai, Ust. Zaitun Bersama ARI-BP Jadwalkan Aksi Damai Tolak Israel Agar Tak Ikut Serta

JAKARTA, wahdah.or.id -- Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah Ust. Dr....

DPW Wahdah Islamiyah Bali Terima Wakaf 1 Unit Ambulance, Rasulullah Sebut Pahala Amal Jariyah Tidak Akan Terputus

BALI, wahdah.or.id - Di tengah semangat kebersamaan dan kepedulian,...