SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar 

 

 

 

Alamat:

SMP Putra : Jl.Manggala Raya Perumnas Antang (Dusun Bambu-bambu,dekat blok 7), Makassar, telepon (0411) 493331

SMP Putri  : Jl.Antang Raya No.48 B 90235 Makassar, Telepon (0411) 493900

 
Sejarah Berdiri
Setelah sukses mengelola sekolah Islam terpadu tingkat TK dan SD, Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) pun melakukan penjajagan untuk dapat mengelola lembaga pendidikan menengah, SMP dan SMA. Pada tahun 2000 YPWI berhasil membangun gedung kompleks sekolah di Jl. Antang Raya Makassar.

Namun demikian, SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah baru dapat menerima siswa angkatan pertama tahun 2002 miladiyah. Sebelumnya, kompleks sekolah yang belum ditempati SMP dimanfaatkan sementara sebagai ‘kampus’ santri Pesantren Tahfidzul Quran, sambil menunggu lokasi baru yang permanen.

Visi

Membentuk manusia yang beriman kepada Allah dengan dasar pemahaman yang benar dan semangat menuntut ilmu yang tinggi

Misi

  • Membentuk manusia yang beriman kepada Allah dengan dasar pemahaman yang benar dan semangat menuntut ilmu yang tinggi
  • Membina dan mengarahkan segala potensi siswa untuk melahirkan pribadi yang berakhlak mulia,cerdas,kreatif, berjiwa mandiri dan kooperatif
  • Mengembangkan sistem dan metodologi pembelajaran menuju terwujudnya ouput yang unggul dan mampu bersaing

Sarana penunjang dan pelengkap seperti masjid, perpustakaan, Lab.Komputer dan Lapangan Olahraga

Kurikulum
SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar, sebagaimana lembaga pendidikan formal yang dikelola YPWI lainnya, memberikan pendidikan hasil perpaduan antara kurikulum nasional yang ditetapkan Depdiknas dan kurikulum muatan lokal (mulok) / kurikulum berbasis kompetensi (KBK), dengan menitikberatkan pendidikan agama bagi para siswa.

Suasana Islami juga berupaya dibudayakan dalam lingkungan sekolah, termasuk di antaranya memisahkan ruangan belajar antara siswa putera dengan siswa puteri.

 

Program Andalan

  • Mampu menghafal alquran minimal 3 Juz
  • Menghafal dan memahami hadits-hadits Nabi
  • Bahasa arab
  • Pembinaan integritas muslim melalui sistem pembinaan Intensif (Tarbiyah)
  • Kegiatan ekstrakorikuler

Fasilitas
Sekolah yang kini dipimpin Darmin M.Yusuf, S.Ag ini berusaha melengkapi berbagai fasilitasnya agar para siswa dapat belajar dengan baik, dengan ruang kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selain didukung kelas representatif dengan tenaga pengajar professional (alumni perguruan tinggi negeri dan swasta favorit), SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah juga dilengkapi dengan sarana ibadah (masjid) yang dapat menampung ratusan jamaah, laboratorium komputer, perpustakaan, dan asrama.

Data Murid

Hingga tahun 2008 ini, SMPIT Wahdah Islamiyah telah menghasilkan empat angkatan lulusan dengan total alumni sebanyak 191 dan jumlah siswa hingga tahun ajaran 2008/2009 sebanyak  242

Prestasi
Alhamdulillah, untuk angkatan ke-2 (TA 2005 – 2006) sekolah ini telah diterima di beberapa  SMA favorit dan unggulan di Makassar pada khususnya dan Sulawesi pada umumnya. Seperti di  kota Makassar 2 orang untuk SMA Neg. 17,  5 orang SMA Neg. 5, 2 orang SMK Telkom, dan beberapa lagi sekolah unggulan lainnya.

Ekstrakulikuler yang menunjang Prestasi SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah senantiasa meningkatkan aktifitas yang bermanfaat bagi siswa melalui berbagai ekstrakulikuler. Seperti. Olahraga, yang beberapa bulan lalu meraih juara 1 antar klub sepakbola sekolah se-kota makassar, English Meeting,Bahasa Arab, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), dan lain-lain.


Subsidi dan Beasiswa
YPWI sebagai pengelola SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah senantiasa berupaya mencari sumber-sumber dana untuk mensubsidi biaya –biaya pendidikan siswa dari berbagai pihak , sehingga  tetap terjangkau.
   
Bahkan YPWI telah berupaya banyak memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi yang tidak mampu dari segi ekonomi. Bantuan tersebut berasal dari LAZIS PP-WI dan Depsos PP-WI. Wallahu a’lam

Artikulli paraprakMa’had ‘Aly
Artikulli tjetërSD Islam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini