SMK ICT Nur Madinah dan Perkembangan Industri Telematika Indonesia

Saat ini industri di indonesia, khususnya bidang informasi dan teknologi (ICT) tengah menggeliat. perkembangannya sangat pesat, seiring dengan makin banyaknya penggunaan perangkat elektronik oleh masyarakat indonesia. demikian disampaikan oleh Dr. Trio Adiono, pakar ICT di indonesia, dalam acara sosialisasi program-program Wahdah Islamiyah Bandung di kampus SMK ICT Nur Madinah Ahad 21 Juni.

 

"Tahun 2008 populasi penggunaan telepon seluler saja di indonesia berjumlah 124 juta unit ponsel atau hampir setengah dari jumlah penduduk indonesia. terjadi tren yang meningkat sejak tahun 2004" ujar dosen STEI-ITB ini.

Selanjutnya, belanja negara untuk industri telematika dalam 1 tahun mencapai Rp 80 trilyun. dari jumlah itu, yang dinikmati oleh industri lokal hanya sekitar 3% saja, sisanya kembali ke Cina, AS, jepang, india, dan negara lainnya.

Mengapa hal ini terjadi? ada ketimpangan, di satu sisi indonesia adalah pasar yang sangat potensial, tapi di sisi lain kita hanya menjadi konsumen saja. hal ini dikarenakan kurangnya SDM dan industri lokal yang mampu memproduksi komponen, perangkat elektronik.

"Hingga saat ini populasi SDM yang menggeluti bidang ICT sekitar 1,5juta orang. Kalau tiap orang ini bisa membuat 1 unit komputer dengan harga murah, maka akan sangat signifikan terhadap perkembangan industri lokal, sehingga tidak tergantung kepada negara lain", lanjut penasehat kurikulum bidang teknologi SMK ICT Nur Madinah ini.

Untuk itu, diperlukan banyak lembaga pendidikan yang konsen di bidang ICT, yang bisa dimulai dari tingkat sekolah menengah. keberadaan SMK ICT Nur Madinah diharapkan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas guna menjawab tantangan masa depan industri telematika.

Adapun mengenai tempat dan infrastruktur yang belum sempurna, doktor jebolan Tokyo Institute of Technology Jepang ini menggambarkan kondisi India, yang mana negara ini banyak menghasilkan pakar bidang ICT serta industri lokalnya cukup maju. Di India, ada sekitar 300 siswa dalam 1 kelas yang belajar ICT, dan kondisi kelasnya pun cukup mengkhawatirkan. sampai-sampai mereka harus membawa payung saat belajar karena kelasnya bocor, akan tetapi dengan kegigihan dan semangat mereka, tidak sedikit yang berhasil dalam mewujudkan cita-citanya.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita hendaknya dapat lebih bersemangat untuk menjadi yang terbaik. Dalam kesempatan ini pun, ada beberapa program yang disosialisasikan, seperti LAZIS WI bandung sebagai pendukung kegiatan wahdah islamiyah bandung, LPBA Al-Yusraa, serta ma’had aly ar-raayah.

Lazis WI Bandung Sediakan 10 Beasiswa Siswa Berprestasi
Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah (Lazis) WI Bandung,  insya allah akan memberikan beasiswa kepada 10 orang calon siswa berprestasi untuk menempuh pendidikan di SMK ICT Nur Madinah, perpaduan antara kompetensi di bidang IPTEK khususnya Teknologi Informasi serta kompetensi dasar dienul Islam, diantaranya bahasa arab dan hafalan qur’an. Kampus Jl. Asri 2 Padasuka Bandung. Untuk itu kami serukan kepada seluruh DPC (khususnya wilayah Jawa) untuk dapat mengirimkan perwakilannya sebagai siswa SMK ICT Nur Madinah. Info lengkap hubungi 91100096,081802129400
 

Artikulli paraprakWorkshop “Hermeneutika dan Tafsir Al-Qur’an” di Kampus Wahdah
Artikulli tjetër‘Sehari di Palestina’ Bersama Komat Palestina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini