(Kuala Lumpur-wahdah.or.id)- Tiga santri kader Wahdah Islamiyah (WI) masing-masing meraih juara dalam lomba Tahfidzul Qur’an di Kuala Lumpur Malaysia dan Qasim Saudi Arabia. “Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmusshalihaat, Utusan Wahdah Islamiyah Indonesia (Santri Tahfidzul Qur’an Attauhid DPD Wahdah Islamiyah Sidrap) Muh. Fakhrun Syihab meraih juara 3 kategori 20 juz pada Musabaqah Hifzhil Qur’an Taj al-Wiqar ke-9 di Kuala Lumpur”, tulis Ustad Siswandi Safari selaku ketua rombongan Indonesia melalui pesan whatsapp.

juara-wi2

Dalam lomba ini Indonesia yang diwakili oleh santri Wahdah Islamiyah mengikutkan 3 peserta dari lima kategori yang diperlombakan. Adapun Kategori yang dipertandingan pada Musabaqah yang diselenggarakan oleh Saudi School dan Ma’had Iqra tersebut adalah kategori 1,3,5,10,20 & 30 juz. Ketiga peserta Indonesia adalah; Tholhah Iskandar Kato (10 juz), Muh Fakhrun Syihab (20 juz), Muh Gazali (30 juz), dan Ust Marhali Abdurrahman 30 juz (kategori muallim).

Lomba ini diikuti oleh kurang lebih145 pesantren dari bebagai negara di antaranya; Malaysia, Kamboja, Singapura, indonesia, dan sebagainya. Lomba yang digelar secara rutin ini telah memasuki tahun ke-9 dan Wahdah Islamiyah telah dua kali mewakili Indonesia.

Sementara dari Qasim Saudi Arabia sebagaimana dilansir hajiumrahnews.com (27/4) dikabarkan bahwa tiga mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Qashim meraih juara pada lomba Hifdzul Qur’an yang digelar di Universitas tersebut. Dua dari tiga mahasiswa yang mengharumkan Indonesia di kampus tersebut merupakan alumni dari pesantren Wahdah Islamiyah.

qosim

Kedua mahasiswa tersebut adalah Mutohhir Anshar, juara II pada kategori 15 Juz dan Abdullah Azzam pada kategori 5 Juz. Sebelum melanjutkan studi ke Universitas Qasim keduanya nyantri di Pesantren Tahfidz As Salam Sidrap dan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar. Saat ini Muthohhir duduk di semester 2 Jurusan Studi Islam, sedangkan Azzam duduk di semester tiga Persiapan Bahasa. Saat ini sebanyak 34 mahasiswa asal STIBA Makassar tengah menempuh pendidikan di Universitas Qashim. (ed:sym).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here