Riau Tuan Rumah Pertemuan Imam Se-Dunia

Date:

icmi

Sebelum perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) Juni 2013 mendatang, Riau menjadi tuan rumah dari pertemuan imam se-dunia.

Ratusan imam yang berasal dari lima benua di dunia, yakni benua Amerika, Australia, Asia, Afrika, dan Eropa, akan hadir dalam pertemuan ini.

Pembahasan yang diangkat dalam pertemuan imam se-dunia yang kali pertama dilaksanakan di Riau, Indonesia, adalah peranan imam dalam mendukung kebangkitan peradaban Islam di dunia.

Hal itu dikatakan Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Riau, Prof Dr Ir H Tengku Dahril MSc di Pekanbaru, seperti diberitakan Riau Pos, Jumat (11/01/2013).

Materi ini dinilainya sangat penting karena di masa Rasulullah, imam memiliki peran dalam kebangkitan peradaban Islam di dunia.

Mesir misalnya, negara yang sampai sekarang masih memiliki keunggulan imam, memiliki peranan penting di dalam Islam.

Selain itu, pertemuan ini bisa melahirkan pembentukan sekretariat imam se-dunia. Rencananya, sekretariat imam se-dunia dipusatkan di Riau, sehingga, akan ada pertemuan rutin tahunan dan lima tahunan yang mengkaji soal-soal perkembangan Islam di dunia.

Pihaknya juga mengusulkan pembangunan sekolah tinggi ilmu keimaman dunia yang menyajikan pembelajaran tiga bahasa; bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

Tengku Dahril yakin, usulan ini bisa diterima kalangan imam se-dunia dari lima benua ini, apalagi, Indonesia saat ini negara Islam terbesar di dunia.

Faktor lain yang mendukung adalah, di tengah keterperukan ekonomi negara Islam di dunia, ekonomi Indonesia justru meningkat.

Pendirian sekolah tinggi ilmu keimaman ini direncanakan berada di kawasan masjid Agung An-Nur yang selaras dengan keberadaan Islamic Center Pekanbaru.

“Dan mahasiswa yang masuk di sini bisa berasal dari seluruh dunia, dengan catatan harus menguasai tiga bahasa dan hafal minimal 10 juz,” ujarnya.

Menurutnya, dengan Riau sebagai pelaksanaan ISG, bukan sekadar event saja, tetapi banyak alasan yang membuat negara-negara Islam di dunia setuju. Sehingga momen ini harus betul-betul dimanfaatkan untuk kebangkitan Islam di dunia.

“Dan Riau, menjadi tempat kebangkitan Islam di dunia sekarang ini,” kata Tengku Dahril.*

sumber : Hidayatullah.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Catat Tanggalnya, Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...