Ramai-ramai Berkurban di Hari Kurban

Wahdah 920 Ekor, Kodam 97 Ekor

(Harian Fajar, Kamis 18 September Hal.14 Kolom Metropolis)

MAKASSAR — Hari Raya Iduladha 1431 Hijriah yang dilaksanakan Rabu, 17 November,dimanfaatkan sejumlah instansi/lembaga menyembelih hewan kurban. Daging kurban lalu dibagikan kepada masyarakat miskin.

 

Seperti yang dilakukan Ormas Islam Wahdah Islamiyah dengan menyembelih 920 ekor hewan kurban. Rinciannya, 904 kambing dan 16 sapi. Sebanyak 33 ekor kambing dikirimkan untuk korban bencana letusan Gunung Merapi.

 

Menurut Ketua Panitia Kurban 1431 Wahdah Islamiyah, Hijriah Nursalam Sirajuddin, hewan kurban tersebut berasal dari anggota Wahdah, masyarakat umum, dan simpatisan yang disalurkan di beberapa tempat. Di antaranya untuk kaum duafa, panti asuhan, majelis taklim, pengurus masjid, dan beberapa cabang dan daerah binaan Wahdah di seluruh Indonesia serta lembaga Islam dan organisasi masyarakat.

“Untuk membantu korban bencana letusan Gunung Merapi, kami juga mengirim kurban 33 ekor  kambing yang secara teknis penyalurannya akan ditangani Wahdah Islamiyah Cabang Yogyakarta,”
sebut Nursalam.

Penyembelihan kurban juga dilakukan Bank Bukopin di Jalan Slamet Riyadi. Ada 13 ekor sapi dan tiga ekor kambing. Masyarakat miskin penerima daging kurban mencapai 700 orang.

Pemimpin Bank Bukopin Makassar, Bagir Assegaf, mengatakan, kegiatan penyembelihan ini rutin digelar sejak 10 tahun lalu setiap Hari Raya Iduladha. “Selain berkurban adalah kewajiban bagi kami, juga untuk membina lingkungan sekitar,” terang Bagir.

Jajaran Kodam VII Wirabuana juga tak mau kalah. Seusai salat Id di Lapangan Hitam Makodam VII Wirabuana, juga digelar penyembelihan hewan kurban sebanyak 97 ekor. Dari jumlah itu, 32 ekor sapi dan 65 ekor kambing. Pangdam VII, Mayjen TNI Amril Amir menyaksikan penyembelihan itu.

Polda Sulsel juga ikut menyembelih hewan kurban. Tahun ini, penyembelihan dipusatkan di halaman Polda disaksikan Kapolda, Irjen Pol Johny Wainal Usman dan Wakapolda, Brigjen Pol Syahrir Kuba. Hewan kurban disembelih 12 ekor sapi dan 11 kambing yang dibagikan ke fakir miskin, anak yatim, serta pegawai negeri sipil golongan satu dan golongan dua. Polrestabes Makassar juga sembelih 16 ekorsapi untuk kurban. (ram) Lihat e-Paper

Artikulli paraprakWahdah Kurban 904 Kambing 16 Sapi
Artikulli tjetër33 Ekor Kambing untuk Korban Merapi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini