Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, shalawat dan salam kita panjatkan kepada Nabi kita Muhammad Shalallahu’alaihiwasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Saudara-saudari muslim yang semoga dirahmati Allah Ta’ala. Bulan bulan yang penuh dengan kegelisahan dan rasa cemas dijalani hampir seluruh umat manusia. Ini sebenarnya merupakan momen yang sangat berharga bagi seluruh kaum muslimin. Ada banyak hikmah dibalik ujian yang sangat berat ini salah satunya adalah ini merupakan waktu yang sangat pas bagi kita apabila ingin bermuhasabah dan semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahuwata’ala.

Tercatat hingga hari ini di seluruh dunia sudah lebih dari seratus ribu  orang menghembuskan nafas terakhir disebabkan oleh virus yang masih belum menemukan titik terang obat ataupun penangkalnya. Tak heran hal ini membuat penduduk bumi kalang kabut dan panik berlebihan.

Sebagai kaum muslimin yang mengikuti jalan kebenaran yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu’alaihiwasallam sebagai penerus wasilah para Rasul dan Nabi terdahulu hendaknya menjalani ujian ini sebagai peringatan dari Allah agar kita bersegera kembali kepadaNya. Apabila kita perhatikan berita yang disampaikan setiap harinya, grafik angka kematian ataupun positif terjangkit Corona semakin meningkat dan belum ada tanda-tanda akan berakhirnya musibah ini. Maka dari itu alangkah baiknya mengikuti himbauan dan anjuran pemerintah untuk menjaga jarak dan tetap berada di rumah.

Berikut kegiatan-kegiatan yang memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan kita banyak pahala.

1. Menjadi Ibu Rumah Tangga Seutuhnya

Yang pertama ini ditujukan buat wanita-wanita karir yang biasanya disaat tidak sedang karantina harus pergi bekerja setiap hari. Momen karantina menjadi peluang besar untuk melakukan kegiatan-kegiatan utama sebagai seorang istri dan sekaligus ibu rumah tangga. Waktu untuk melayani suami dan mendidik anak-anak di rumah jadi lebih banyak.

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Untuk para anak muda yang biasanya suka keluyuran di luar bareng teman-teman, kini saatnya lebih banyak untuk berbakti dan merawat orang tua. Ada banyak sekali pahala untuk anak yang selalu berbakti kepada orang tuanya.

3. Beribadah tepat waktu

Meskipun tidak bisa sholat berjamaah di masjid, namun saat karantina adalah waktu yang tepat untuk melatih diri melaksanakan sholat tepat 5 waktu. Selama ini karena aktivitas pekerjaan ataupun kesibukan lainnya banyak sekali orang-orang yang menunda atau bahkan meninggalkan sholat. Mumpung waktu kosong sedang banyak-banyaknya, mari kita training diri kita untuk lebih semangat beribadah.

4. Memulai Agenda Sholat Malam

Kita bisa mulai mengagendakan latihan sholat malam selama masa karantina. Manfaat yang didapatkan banyak sekali, dibukakan jalan keluar untuk segala permasalahan, menangkal siksa kubur, mengabulkan doa’doa dan hajat, member ketenangan dalam diri, dan masih banyak manfaat lainnya.

5. Bersedekah

Memperbanyak sedekah memiliki banyak manfaaat seperti memberikan keberkahan dalam hidup, ampunan dosa-dosa, dan dilindungi dari segala macam bahaya. Sedekah dapat membua lembut hati seseorang. Di masa-masa karantina dimana banyak saudara-saudara kita yang harus berhenti mencari nafkah adalah peluang besar kita untuk saling berbagi kepada mereka.

7. Menyumbangkan Alat Pengamanan Diri atau APD kepada Tim Medis

Saat ini tim medis Indonesia sedang serba kekurangan alat perlindungan dalam melakukan tindakan penyelamatan dan perawatan kepada saudara-saudara kita yang sedang berjuang melawan korona. Bayangkan betapa berat perjuangan para tim medis dalam menjalani tugas yang penuh resiko seperti ini. Sebagai bentuk dukungan kita yang sebenarnya adalah para saudara sebangsa dan setanah air adalah terus menyemangati mereka untuk selalu berada di garda terdepan dalam penanggulangan virus korona dengan membantu mengadakan alat-alat yang mereka butuhkan.

Semoga selama masa karantina mandiri di rumah, kita bisa meningkatkan kualitas ibadah dan keta’atan kepada Allah ‘Azza wajalla. Semoga musibah yang sedang menimpa kita segera berlalu, dan kita semua terlindung dari segala macam mara bahaya.

Penulis : Ahmad Daud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here