Untitled Document

Definisi
Qunut diambil dari kata (قَنَتَ-يَقْنُتُ-قُنُوْتًا) “Qanata-Yaqnutu-Qunuutan” yang artinya lama berdiri di dalam shalat, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

أَفْضـَلُ الصَّلاَ ةِ طُوْلُ الْقُنـُوْتِ

“Seutama-utama shalat yaitu panjangnya qunut (lama berdirinya)” (HSR. Muslim, Hakim, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sedang qunut nazilah menurut istilah adalah mendo’akan kebaikan atau kemenangan bagi kaum muslimin dan mendo’akan kecelakaan atau kebinasaan bagi kaum kafir yang menjadi musuh Islam seperti kaum komunis Rusia, yang tengah memerangi kaum muslimin Chechnya atau seperti kaum Yahudi yang memerangi kaum Muslimin di Palestina atau seperti kaum Nasrani yang memerangi kaum Muslimin di Ambon dan di Poso dan di daerah lainnya.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu :

أَنَّ النـَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يـَقْنـُتُ إِلاَّ إِذَا دَعَا لِقَوْمٍ أَوْ دَعَا عَلىَ قَوْمٍ. رواه ابن خزيمة

“Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah qunut kecuali apabila beliau mendo’akan kebaikan bagi satu kaum (muslimin) atau mendo’akan kecelakaan bagi kaum (kafir)” (HSR. Ibnu Khuzaimah)

Hukum & Waktu Qunut Nazilah
Qunut nazilah hukumnya sunnat dan dikerjakan di raka’at terakhir setelah ruku’ dan dikerjakan selama satu bulan penuh disemua shalat wajib, Dzuhur, Ashar, Maghrib, ‘Isya dan Shubuh, sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas -radhiaullahu anhuma- :

قَنـَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتـــَـتـَابِعًا فِيْ الظُّهُرِ وَ الْعَصْرِ وَ الْمَغْرِبِ وَ الْعِشَاءِ وَ الصُّبْحِ دُبـُرَ كُلِّ صَلاَةٍ إِذَا قَالَ “سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ” مِنَ الرَّكْعَةِ اْلآخِرَ ةِ يَدْعُوْ عَلَيْهِمْ … وَيـُـؤَمـِّنُ مَنْ خَلْفَهُ . رواه ابو داود

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah qunut sebulan lamanya berturut-turut dalam shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, ‘Isya dan Shubuh. Diakhir setiap shalat, apabila beliau sudah mengucapkan “Sami Allahu Liman Hamidah” di raka’at yang terakhir. Beliau mendo’akan kecelakaan atas mereka ….sedangkan ma’mum yang di belakang, mengucapkan amin” (HSR. Abu Daud)

Dan disunnahkan juga melakukan qunut pada shalat witir. Telah berkata Ibnu Masud Radhiyallahu ‘Anhu :

مَا قَنـَتَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ شَيْءٍ مِنْ صَلاَتِهِ إِلاَّ فِيْ الْوِتــْرِ وَ إِنـــَّهُ كَانَ إِذَا حَارَبَ يَقْنـُتُ فِيْ صَلَوَاتٍ كُلــــِّـهِنَّ . رواه الحاكم و البيهقي

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah qunut dari shalatnya kecuali ketika shalat witir, dan sesungguhnya Rasulullah apabila berperang beliau berqunut di dalam semua shalatnya” (HR. Hakim dan Baihaqi)

Do’a qunut ada berbagai macam namun intinya ialah meminta kepada Allah Azza wa Jalla kebaikan buat kaum muslimin dan meminta kekalahan atau kecelakaan buat musuh Islam, oleh sebab itu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak menetapkan satu do’a tertentu yang dikerjakan ketika qunut, serta tidak memerintahkannya dikarenakan hajat atau keperluan yang berlain-lainan jadi tidaklah terlarang bagi kita untuk berqunut dengan do’a yang kita atur sendiri menurut keperluan kita. –Wallahu ‘Alam-

Dan do’a qunut witir yang pernah diajarkan Rasulullah kepada Hasan Radhiyallahu ‘Anhu adalah :

اللَّهُمَّ اهْدِنـِيْ فِيْمـَنْ هَدَ يْتَ وَ عَافِنِيْ فِيْمـَنْ عَافَيْتَ وَتــَوَلَّنـِيْ فِيْمـَنْ تـَوَلَّيْتَ وَبـَارِكْ لـِيْ فِيْمـَا أَعْطَيْتَ وَ قِنــِيْ شَرَّمـَا قَضَيْتَ فَإِنــــَّكَ تــَقْضِيْ وَ لاَ يـُقْضَى عَلَيْكَ وَ إِنـــَّهُ لاَ يـَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَ لاَ يـَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تــَبـَارَكْتَ رَبــَّنــَا وَتــَعَالَيْتَ

“Ya Allah! Pimpinlah akan daku di dalam golongan mereka yang Engkau telah pimpin dan peliharalah akan daku di dalam golongan mereka yang Engkau telah pelihara ? dan jadikan daku di dalam golongan mereka yang Engkau telah beri kekuasaan ? dan berilah berkah kepadaku di dalam apa yang telah Engkau beri ? dan selamatkan daku dari pada kejahatan yang Engkau telah tentukan ? karena sesungguhnya Engkaulah Penghukum dan tidak dapat Engkau di hukum ? dan sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau tolong ? dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi Maha Mulia Engkau Wahai Tuhan Kami ! lagi Maha Tinggi” (HR. Abu Daud, Thabrani dan Baihaqi)

Qunut yang disyariatkan bagi kaum muslimin bukanlah qunut shubuh yang dilakukan secara terus menerus sebagaimana yang biasa dikerjakan oleh kaum muslimin pada setiap shalat shubuh. Mereka menyandarkan kepada hadits Dhaif (lemah) yang diriwayatkan oleh Ahmad, Baihaqi, Hakim, Abdurrazzaq dan Abu Nu’aim dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata :

مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يـَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتـَّى فَارَقَ الدُّنــْيــَا

“Senantiasa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berqunut pada shalat shubuh sehingga beliau berpisah dari dunia (wafat)”

Kalau diperhatikan pada tiap-tiap sanad (rangkaian orang yang meriwayatkan hadits) qunut shubuh tersebut selalu ada seorang yang bernama Abu Ja’far Ar-Razi yang nama aslinya Isa bin Isa ia telah dilemahkan oleh ahli-ahli hadits diantaranya Imam Ahmad bin Hanbal, Nasaa’i, Imam Abu Zur’ah, Imam Al-Fallas, Imam Ibnul Madini, Ibnu Hibban, Syekhul Islam Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim.

Berkata Al-Fallas :”Ar Razi buruk hafalannya”, berkata Imam Ibnul Madini :”Ar Razi kepercayaan tapi sering keliru dan suka salah” (Lihat Mizaanul I’tidal 3:319)
Dengan demikian riwayat Ar Razi ini, yaitu tentang qunut shubuh yang dilakukan terus menerus tidak dapat diterima karena haditsnya lemah, kelemahan hadits ini bertambah jelas dengan riwayat dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu ketika ditanya oleh Ashim bin Sulaiman :

إِنَّ قَوْمـًا يـَزْعُمُوْنَ أَنَّ النــَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يـَزَلْ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ فَقَالَ : كَذَبــُوْا إِنـــَّمــَا قَنـَتَ شَهْرًا وَاحِدًا يَدْعُوْ عَلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيـَاءِ الْمُشْرِكِيْنَ . رواه الخطيب

”Sesungguhnya orang-orang menyangka bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam senantiasa qunut dalam shalat shubuh” Jawab Anas bin Malik :”Mereka dusta!! Beliau hanya qunut sebulan, mendo’akan kecelakaan atas satu qabilah dari qabilah-qabilah kaum musyrikin” (SR. Al-Khatiib)

Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan dusta (yang maksudnya keliru atau salah) kepada mereka yang menyangka bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam senantiasa qunut shubuh terus menerus. Dengan penolakan shahabat Anas diatas jelaslah bagi kita tentang riwayat Ar Razi dari riwayat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu juga yang menyatakan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selalu qunut shubuh adalah dhaif, Bahkan shahabat Thariq bin Asyam Radhiyallahu ‘Anhu sewaktu ditanya oleh anaknya tentang masalah ini, menyatakan dengan tegas tentang bid’ahnya melakukan qunut shubuh secara terus menerus, sebagaimana dalam riwayat dari Sa’ad bin Thariq Al-Asyja’i, ia berkata :

قُلْـــــتـُـــــِلأَبـــِيْ : يَا أَبـــَتِ اِنـــَّكَ صَلَّيــْتَ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ أَبِىْ بـَكْرٍ وَ عُـمَرَ وَ عُثـْـمَانَ وَ عَلِيٍّ, أَفَكَانــُوْا يَقْنـُتـُوْنَ فِي الْفَجْرِ ؟ قَالَ : أَيْ بُنـَيَّ مُحْدَثٌ . رواه أحمد و الترمذى و النسائي و ابن ماجه

> “Aku pernah bertanya kepada bapakku (Thariq bin Asyam) “Wahai bapak ! Sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan di belakang Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, Apakah mereka itu semuanya mengerjakan qunut subuh terus menerus ?” Jawab Ayahku :”Hai Anakku ! itu (qunut shubuh terus-menerus) adalah perbuatan Bid’ah ! (SR. Ahmad, Tirmidzi, Nasaa’i dan Ibnu Majah)

Dan di riwayatkan oleh Bukhari dari shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah berqunut mendo’akan kecelakaan atas beberapa orang dan atas kaum arab yang telah membunuh beberapa utusan serta hendak membinasakan Islam, tetapi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menghentikannya ketika turun ayat :

لَيْسَ لَكَ مِنَ اْلأَمْرِ شَيْءٌ اَوْ يـَتُوْبَ عَلَيْهِمْ اَوْ يــُـعَذِّبـَهُمْ فَإِنـــَّـهُمْ ظَالِمُوْنَ . آل عمران : 128

“Engkau tidak ada haq apa-apa di dalam urusan itu, maupun (Allah) menerima taubat mereka atau mengadzab mereka, karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang dzalim” (QS. Ali Imran : 128)

Imam Ibnul Qayyim berkata : “Bukan merupakan petunjuk nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam senantiasa berqunut pada shalat shubuh. Dan merupakan hal yang mustahil bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam setiap shubuh berqunut pada saat i’tidal sambil mengangkat suaranya lalu diaminkan oleh para shahabatnya terus menerus hingga wafatnya kemudian hal itu tidak diketahui oleh ummat ini bahkan kebanyakan ummatnya tidak mengerjakan dan demikian pula seluruh shahabat, bahkan sebagian diantara mereka mengatakan itu sebagai sebuah bid’ah ….. Dan adalah petunjuk Beliau berqunut terkhusus saat musibah menimpa kaum muslimin dan beliau meninggalkannya saat tidak adanya musibah dan beliau tidak mengkhususkan qunut pada waktu shalat shubuh.” (Lihat Zaadul ma’ad 1/271-273)

Dengan demikian qunut yang biasa dikerjakan oleh banyak kaum muslimin pada shalat shubuh secara terus menerus, tidak pernah dikerjakan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena hadits yang menerangkan tentang masalah tersebut sangat lemah sehingga tidak dapat dijadikan sebagai hujjah (pedoman). -Walaahu A’lam-

-Abu Abdirrahman-

Maraji’ :
-Zaadul Ma’ad, Imam Ibnul Qayyim
-Shifatu Shaalati An Nabi, Syekh Al Albani

(Al Fikrah Tahun 1 Edisi 11)

Artikulli paraprakTAFSIR AL FATIHAH AYAT 3 : AR RAHMAN AR RAHIM
Artikulli tjetërHUKUM MERAYAKAN DAN MEMPERINGATI ISRA’ MI’RAJ

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini