Program GSD, Program Jalan Kita Bersama Ke Surga

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id — GSD atau Gerakan Sejuta Da’i, merupakan program Nasional Wahdah Islamiyah yang resmi, hasil keputusan Mukernas ke-XVI Wahdah Islamiyah di Sudiang, November lalu (23-26/2023).

Program GSD dengan tagline “Untuk Indonesia Berkah” ini, bukanlah program yang biasa-biasa saja. Program ini, sekiranya dimaterikan dengan harta, niscaya para pelakunya akan mendapatkan upah melebihi harga Mobil Mer-C.

Program GSD yang merupakan program dakwah, memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Bahkan Nabi sendiri telah menyebutkan imbalan dari seorang yang berhasil mengajak satu orang saja untuk taat kepada Allah dan semakin saleh dengan imbalan onta merah. Bahkan imbalannya lebih baik dari onta merah di zaman itu.

Dari Sahl bin Sa’ad, r.a, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَوَاللَّهِ لأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

“Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah.”[HR. Bukhari no. 2942 dan Muslim no. 2406]

Musyawarah Pengurus Harian, Satgas GSD Pusat yang diketuai oleh Ust. Dr. Qasim Saguni, MA, kali ini menghadirkan Ketua Dewan Syuro Wahdah Islamiyah Ust. Muh. Ikhwan Jalil, Lc., M.H.I untuk memberikan wejangan dan motivasi kepada para PH. Satgas GSD Pusat, via Zoom, Kamis sore (20/06/2024).

Mengawali wejangan dan motivasinya, Ust. Ikhwan katakan bahwa hendaknya secara individual dengan program GSD, para kader Wahdah Islamiyah harusnya memiliki ruh untuk berinvestasi akhirat.

“secara individual, setiap kader seharusnya memiliki ruh untuk investasi akhirat dengan program GSD ini” katanya.

Beliau mengingatkan para stakeholder dan para pimpinan untuk menyajikan motivasi dalam bentuk video singkat, untuk menjadi penyemangat dan pengingat para kader Wahdah Islamiyah dalam menyukseskan program untuk Indonesia berkah ini, program GSD.

Alasan beliau, kenapa harus dengan motivasi video pendek adalah karena tabiat manusia yang sering lupa dan beraneka ragamnya masalah hidup yang dihadapi oleh para kader. Video motivasi singkat tersebut, dianggap sangat jitu untuk memicu semangat dan pengingat untuk para kader.

Beliau katakan, bahwa program GSD yang sudah berjalan stengah tahun ini, hendaknya tidak hanya dari sisi administratifnya yang berhasil, namun perlu di upgrade ke jenjang spiritual.

“kita melakukan program GSD ini, merupakan bagian dari upaya kita untuk masuk Surga” janjutnya.

Beliau harapkan, agar ini menjadi motivasi para pengurus dan kader serta menjadi hal yang selalu diasah setiap saat.

Point kedua yang disampaikan oleh beliau adalah terkait lingkup dakwah, hendaknya pelaku dakwah tak seharusnya melupakan orang-orang terdekatnya untuk di dakwahi.

Beliau menyebutkan, bahwa anak dan bapak beliau sendiri yang bertempat di Jakarta, juga menjadi target mad’u yang akan dibuatkan atau dimasukkan dalam halakah-halakah tarbiyah Wahdah Islamiyah.

Ust. Ikhwan mengangkat contoh pergerakan dakwah di Jam’ah Tabligh. Menurut beliau, effort yang mereka keluarkan saat berdakwah, hendaknya menjadi effort yang serupa, yang harus dimiliki oleh para Ustaz serta kader-kader Wahdah Islamiyah.

Beliau menyebutkan bahwa setiap kader hendaknya memiliki effort yang tinggi dalam dakwah. Hendaknya para kader Wahdah Islamiyah berfikir, dalam setahun apakah ada bulan yang ia pakai untuk berdakwah. Dalam sebulan, apakah ada pekan yang ia pakai untuk mengajak yang lainnya untuk taat kepada Allah. Dalam sepekan, apakah ada hari yang ia gunakan untuk menyeru dalam kebaikan. Dan dalam sehari, apakah ada menit yang dipakai untuk berdakwah.

“seberapa besar upaya yang telah kita lakukan?” tutupnya dalam tausiyah sore di rapat online PH. Satgas GSD Pusat. [*]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Manfaat Jalan Kaki: Sederhana Tapi Penuh Manfaat

Wahdah.Or.Id -- Sebagai seorang Muslim, menjaga kesehatan adalah sebuah...

Sambut Kunjungan Wahdah, Ini Pesan Mendag Soal IKN

JAKARTA, wahdah.or.id - Ketua DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun...

Sowan Ke Baznas, Prof. Noor Ahmad Berharap Wahdah Segera Hadir di IKN

JAKARTA, wahdah.or.id - Ketua DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun...

Pimpin Doa Dalam Munas Forum Zakat di Istana Wapres, Ustaz Zaitun Panjatkan Doa untuk Gaza dan Gerakan Zakat di Indonesia

JAKARTA, wahdah.or.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin...