Pesantren Al Iman Sidrap

Lahir dari kegiatan pembinaan kajian dinul Islam bagi remaja dan pemuda Islam di beberapa tempat di kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) yang telah berlangsung beberapa tahun sebelumnya dengan tujuan membina pribadi-pribadi Muslim agar komitmen dengan ajaran Islam dengan akidah yang lurus, tidak ternodai kesyirikan, beribadah dengan benar sesuai tuntunan dan contoh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam jauh dari bid’ah dan Tasyabbuh (menyerupai kaum kafir), serta pembinaan akhlak mulia.

Di tengah maraknya fenomena kesyirikan melalui berbagai media massa, minuman keras, pornografi, pemukulan, perkelahian, narkoba dan pelecehan seksual menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di masyarakat yang memprihatinkan sehingga kehadiran sebuah lembaga pendidikan Islam yang intensif dan terkoordinasi di rasakan sangat perlu dan mendesak oleh ummat Islam yang menaruh perhatian besar pada perbaikan (Islah) Agama dan kehidupan masyarakatnya hingga akhirnya pada Rabiul Akhir 1421 H/ Juni 2000 di buka Pondok Pesantren Al Iman di Jl. Poros Rappang  Pare-pare km 10/ 22 kelurahan Ulu Ale’ kecamatan Watang Pulu’. Menjabat sebagai pimpinan Ponpes adalah Ustadz Muhammad Taqdir Baharuddin, Lc hingga Maret 2006. pimpinan Pondok selanjutnya di jabat oleh Ustadz H. Muhammad Said Sa’ad, Lc. Di resmikan oleh Bupati Sidrap H. S. Parawansa, SH tanggal  28 Juli 2001 waktu itu menempati areal kampus seluas 3 Ha yang merupakan tanah wakaf dari Bapak H. Abdul Gaffar.

Kini Ponpes Al Iman dengan SMP dan SMU terpadu sebagaimana lembaga pendidikan formal Islam lainnya berupaya memberikan alternative kepada anak didiknya untuk menumbuh kembangkan potensi fitrahnya mencetak generasi  berakhlak karimah yang seluruh aspek kegiatannya mengacu pada nilai-nilai engan dasar al-Qur’an dan as-Sunnah.

Untuk menunjang visi dan misi di atas maka kurikulum pengajarannya di susun meliputi:

Program Inti
Aqidah, Fiqih, Hadits, bahasa Arab, Sirah Nabawiah dan Akhlaq dengan sarana penunjang pendidikan berupa buku muqorrar kepesantenan berbahasa Arab

Program penunjang
Tahfidzul-Qur’an dan Hadits, bahasa Arab dan Inggris, Latihan Ceramah, dan Perpustakaan

Program Unggulan
Kajian Kitab Intensif, Kajian Islam Terpadu melalui kelompok-kelompok Tarbiyah
Program Ekstra
Pertanian, perkebunan, percetakan/ sablon, computer, menjahit, beladiri

Program Beasiswa
Pesantren menyediakan beasiswa bagi santri yang berprestasi akademik tetapi kurang mampu degan ketentuan:
–    Memiliki nilai rata-rata 7,5
–    Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
–    Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
–    Memiliki Akhlak/ sulukiyah yang baik.

Kurikulum pengajaran terpadu antara program Diknas 100 % (Kurikulum 2004 KBK) dan kurikulum yang berbasis Qur’an dan Sirah Nabawiah (KBQS) Yang memadukan nuansa Iman dan Iptek sehingga di harapkan santri memliki wawasan dan naluri keberagamaan yang solid Insya Allah

 

Artikulli paraprakApotek Wahdah Farma
Artikulli tjetërSurat dari negeri 2 Nil Buat Ustadz Muhammad Yusran Anshar Hafidzahullah dan Ummu Abdillah Hafidzaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini