Pertemuan Ilmiah Berkala Dewan Syariah

Dewan Syariah PP Wahdah Islamiyah baru-baru ini, Sabtu 5 Rabiul Awal 1428 H/24 Maret 2007 M menyelenggarakan Liqa Ilmi Dauri I (Pertemuan Ilmiah Berkala)  di salah satu Villa di Pantai Tanjung Bayang Makassar.

Liqa Ilmi Dauri adalah program rutin Dewan Syariah Wahdah Islamiyah untuk membahas permasalahan yang diajukan ke dewan baik oleh lembaga-lembaga yang ada di Wahdah Islamiyah maupun oleh masyarakat umum. Liqa Ilmi sendiri diikuti oleh seluruh anggota dewan, para asatidzah yang memiliki basis ilmu syar’i dan para undangan yang berkepentingan dengan materi pembahasan. Program ini akan dilaksanakan setiap bulan di tempat yang representatif dan berlangsung sehari penuh. 

Pertemuan kali ini diikuti oleh 25 orang peserta dan undangan, berlangsung dari pukul 09.50 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Pembahasan yang diangkat ada tiga yaitu: Jual Beli Dengan Sistem Murabahah, Hukum Shalat Jum’at di Mushalla, dan Hukum-hukum Ruqyah Syar’iyah. Liqa berakhir dengan mengeluarkan beberapa ketetapan dan rekomendasi, yaitu:

KETETAPAN LIQA’ ILMI I DEWAN SYARIAH WAHDAH ISLAMIYAH

I. Jual Beli Dengan Sistem Murabahah
1. Pembatalan atas janji pemesanan ditanggung oleh yang membatalkan sesuai dengan yang mereka sepakati dalam akad perjanjian awal
2. Perwakilan dalam pengadaan/pembelian barang kepada pihak netral hukumnya boleh dengan dalil hadits Urwah al-Bariqy, dan tidak boleh kepada pihak nasabah dengan dalil: Adanya syubhat riba, Sadduz Dzariah (menutup pintu pelanggaran), agar tidak menjadi pembeli dan penjual di saat yang sama dan kondisi sosial masyarakat.

II. Hukum Shalat Jum’at di Selain Masjid Jami’
1.  Pelaksanaan Shalat Jum’at di selain masjid Jami’ (mushalla) hukumnya boleh

III. Hukum-hukum Ruqyah Syar’iyah
1.  Status ruqyah tidaklah begitu perlu dipermasalahkan (tauqifiyah atau ijtihadiyah) sebab dalam kenyataannya praktek dan kaifiat ruqyah masih banyak diperdebatkan, maka pembahasan dilanjutkan ke poin praktis.
2. Klinik Ruqyah tetap ditutup dengan suara mayoritas dengan beberapa solusi yang akan dikeluarkan oleh Dewan Syariah dengan usulan dari anggota dan jamaah.

Artikulli paraprakTarbiyah Gabungan Takwiniyah
Artikulli tjetërHak-Hak Rasulullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini