(Bandung-Wahdah.Or.Id) Konsep sebagian orang mengenai peradaban masih keliru. Ukuran kemajuan suatu negara hanya dilihat dari satu aspek saja, dan mengabaikan yang lainnya. Ketika kita katakan negara maju, maka jawabannya adalah Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara di Eropa. Dalam konsep Islam, negara maju itu adalah negara yang bertakwa sebagaimana disebutkan dalam alquran surat al-A’raaf ayat 96. Inilah model peradaban Islam yang tidak dimiliki peradaban lain. Hal ini dipaparkan Ustadz Dr. Adian Husaini dalam kajian mata air yang digelar Wahdah Islamiyah Bandung ahad (19/3) di masjid Daarut Tauhiid Bandung.

Direktur pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini kemudian mengutip tulisan Samuel Huntington dalam bukunya yang menyebutkan bahwa peradaban di dunia ini ada 8. Selain peradaban barat, juga ada peradaban ortodoks, Jepang, Afrika, China, India serta peradaban Islam. Dari peradaban tersebut, satu-satunya yang pernah mengalahkan peradaban barat adalah peradaban Islam. Perang salib, penaklukan Andalusia dan Konstantinopel adalah bukti sejarah kemenangan kaum muslimin.

Membangun peradaban Islam yang kuat hendaknya dimulai dari institusi terkecil yaitu keluarga. Bagaimana Islam mengajarkan tahapan pendidikan setiap jenjang usia anak sesuai dengan syariat.

Acara kajian mata air (majelis ta’lim akhir zaman) merupakan kerja sama antara Wahdah Islamiyah Bandung, Yayasan Hijrah Nabawiyah serta dua komunitas pemuda di Bandung yaitu Pemuda Hidayah dan Pemuda Al Fatih. [infokom-dpdbdg]

Berita sebelumyaDialog MUI dengan Kapolri, Ini Saran Ustadz Zaitun
Berita berikutnyaMembina Rumah Tangga Bahagia

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here