Penuhilah Panggilanmu

Saat ini masjid merupakan salah satu tempat yang paling mudah kita dapatkan di kota kita. Di setiap sudut kota ada masjid yang berdiri, mulai dari masjid yang berlantai 1 sampai masjid yang berlantai 3, mulai yang hanya menggunakan kipas angin sampai yang menggunakan Air Conditioner (AC). Jumlahnya pun tidak sedikit, tercatat kurang lebih 1000-an masjid yang tersebar di berbagai sudut kota Makassar.

    Namun sayangnya, jumlah masjid yang sangat banyak itu belum juga bisa menggerakkan hati kaum muslimin untuk bisa memenuhi panggilan azan dan bersegera menuju ke masjid untuk melakukan shalat berjamaah. lihatlah keadaan masjid pada waktu shalat, Jumlah jamaah yang shalat sangat kontras dengan bangunan masjid yang begitu megah. Padahal ada kaum muslimin yang hanya berjarak tidak jauh dari masjid atau bahkan ada yang tembok rumahnya berbatasan dengan masjid. Tetapi mereka tetap enggan untuk melaksanakan shalat-shalat wajib mereka di masjid secara berjamaah.

    Hampir selama hidupnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah. Bahkan dalam keadaan perang sekalipun, beliau bersama shahabatnya melaksanakan sholat dengan berjamaah. Padahal mereka sedang sibuk-sibuknya dengan tugas suci. Kalau dibanding dengan kita memang sangat jauh, padahal kita tidak segenting keadaan perang. Kita bahkan sedang istirahat kerja siang, atau sedang asik menyantap makanan, atau sedang bercumbu dengan keluarga. Namun saat sedang terdengar azan, kita masih santai saja. Tidak segera berangkat ke masjid atau musholla untuk melaksanakan sholat berjamaah.

    Shalat berjamaah merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin, hal ini dimulai dengan panggilan azan yang dikumandangkan oleh muadzin untuk memanggil kaum muslimin untuk menghadiri shalat berjamaah dan merupakan pertanda bahwa waktu shalat telah masuk. Hakikatnya, azan merupakan seruan ilahi yang memanggil kaum muslimin untuk menghadap kepada rabb mereka Allah. Jadi seharusnya sebagai seorang yang mengikrarkan diri sebagai hamba Allah sudah sepatutnya kita memenuhi panggilan rabb kita.

    Para ulama kita telah sepakat akan wajibnya shalat berjamaah. Berdasarkan hadits dari nabi, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Demi jiwaku yang berada di tanganNya, sungguh aku bertekad menyuruh pengumpulan kayu bakar, kemudian aku suruh seseorang adzan untuk shalat, dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat kemudian aku bakar rumah mereka” (Muttafaq ‘alaihi).

    Bahkan di zaman rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ada seorang shahabat yang kedua matanya buta menghadap kepada rasulullah untuk meminta keringanan dari shalat berjamaah disebabkan matanya yang buta dan jauhnya masjid dari rumahnya maka rasulullah bertanya kepadanya “Apakah engkau mendengar suara adzan?” shahabat ini menjawab “Ya” maka rasulullah mengatakan “jawablah adzan”(HR.Muslim).

    Subhanallah…,sebegitu pentingnya sholat berjamaah hingga kepada orang buta yang tidak ada seorang yang menuntunnya saja Rasulullah masih memerintahkan untuk sholat berjamaah, apalagi dengan kita yang masih sehat bugar?
    
    Mengapa sholat berjamaah begitu penting? Mengapa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menekankan sholat berjamaah? Rahasia apa yang ada dibalik sholat berjamaah?
Beberapa keutamaan dan rahasia di balik shalat berjamaah antara lain:
1. Orang yang sholat berjamaah akan mendapat pahala 27 derajat dibanding sholat sendirian. Rasulullah saw bersabda, "Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian, dengan dua puluh tujuh derajat" (HR. Bukhari Muslim). Jadi, dengan sholat berjmaaah kualitas sholat kita 27 kali lipat dibanding sholat sendirian.
2. Orang yang sholat berjamaah senantiasa didoakan oleh para malaikat. Rasulullah  bersabda, "Malaikat akan senantiasa memohonkan ampun dan rahmat untuknya, selama ia masih tetap berada di tempat shalatnya dan tidak berhadast. Malaikat berkata,"Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia" (HR: Bukhari Muslim).
3. Orang yang rajin shalat berjamaah maka akan terhindar dari penguasaan syetan, seperti kesurupan atau kerasukan. Rasuluillah  bersabda, "Tidaklah tiga orang berada di suatu desa atau kampung lalu mereka tidak melakukan shalat berjamaah, kecuali mereka telah dikuasai oleh syetan" (HR: Abu Daud).
4. Suatu penduduk apabila rajin melaksanakan sholat berjamaah, maka akan diberikan ketentraman, persatuan, persaudaraan dan tidak mudah diprofokasi. Rasulullah bersabda, "Karena itu shalatlah dengan berjamaah, karena srigala itu hanya menerkam kambing yang jauh terpencil dari kawan-kawannya (jamaahnya)" (HR: Abu Daud).
5. Dalam shahih Muslim dari Ibnu Mas’ud juga, ia berkata: “Siapa yang ingin bertemu dengan Allah esok hari dalam keadaan sebagai seorang muslim, maka hendaklah dia menjaga shalat-shalat ini ketika diserukan adzan baginya. Karena Allah telah mensyari’atkan Sunnah-Sunnah yang berisi petunjuk bagi Nabi kalian, dan shala-shalat pada saat ada adzan baginya termasuk Sunnah-Sunnah yang berisi petunjuk itu. Kalau kalian shalat di rumah-rumah kalian , sebagaimana orang-orang yang tidak turut berjama’ah shalat di rumahnya, niscaya kalian akan meninggalkan Sunnah Nabi kalian. Dan bila kalian meninggalkan Sunnah Nabi kalian, pasti kalian akan sesat. Bila seseorang bersuci kemudian dia melakukannya dengan baik, kemudian menuju salah satu mesjid, maka Allah akan mencatatkan untuknya satu pahala bagi satu langkahnya. Dan mengangkatnya karena satu langkah itu satu derajat. Dan menghilangkan baginya karena langkah itu satu dosa. Kami (para sahabat) berpendapat bahwa tidak ada seseorang yang tidak ikut berjama’ah, kecuali doa seorang munafik yang tidak diragukan kemunafikannya. Dan dimasa itu seseorang ada yang mendatangi masjid untuk shalat berjama’ah dalam keadaan dipapah dua orang sampai masuk kedalam shaf.”

    Lihatlah bagaimana para shahabat begitu mengagungkan shalat berjamaah sampai-sampai shahabat yang sakit dan tidak bisa berjalan sendirian ke masjid masih tetap memaksakan diri ke masjid meskipun harus dipapah oleh shahabat yang lain.

    Ingatlah wahai kaum muslimin, Islam ini tidak akan tegak dan mulia ditangan orang-orang yang meremehkan perintah Allah dan sunnah rasulNya, tetapi ia akan tegak dan mulia ditangan orang-orang yang mengagungkan perintah Allah dan rasulNya seperti halnya keadaan Islam dimasa para shahabat. Islam tegak dan mulia pada masa tersebut karena Islam berada ditangan orang-orang yang mengagungkan perintah Allah dan rasulNya. Maka jalan awal untuk menggapai kemuliaan…penuhilah panggilan rabbmu…

Dari berbagai sumber (Al Balagh)

 

Artikulli paraprakPetunjuk Mendengarkan Secara Online Tabligh Akbar di Paltalk
Artikulli tjetërGubernur Daurah Tadribiyah se Sultra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini