Pengukuhan Wahdah Islamiyah Cabang Muna
 
Kedatangan Ust.Ir.H.Muh. Qosim Saguni ( Sekjen WI Pusat Makassar ), Ust. Jahada Mangka, Lc dan Ummu Kholid dalam rangka Pengukuhan Pengurus Cabang WI Kab. Muna Sulawesi Tenggara, benar-benar dimanfaatkan oleh para Pengurus dengan berbagai rangkaian kegiatan.
 
Empat Kegiatan utama yang diadakan adalah Daurah Syar’iah, Tarbiyah Pengurus, Pengukuhan Pengurus Periode 2006-2009 dan Seminar Islam. Di samping, itu Ust. Ir. H. Muh. Qosim Saguni, Ust. Jahada Mangka, Lc diundang untuk mengisi Ta’lim- Ta’lim di beberapa mesjid di kota Raha.
  • Daurah Pengurus 
    Dimulai pada  hari kedatangan Ustadz tanggal 23/05/06 Ba’da Isya yang disampaikan oleh Ust. Jahada Mangka, Lc membahas tentang Kitab Manhaj Ahlus sunnah Wal Jamaah dalam menghukumi dan menilai orang lain dan dilanjutkan pada keesokan harinya tanggal 24/05/06 Ba’da Shalat subuh. Pesertanya diikuti oleh para pengurus WI Cab. Muna 20 orang.
  • Daurah Syar’iah
    Dilaksanakan di Mesjid An-Nur, Raha 24/05/06, dihadiri 70 peserta yang terdiri dari 63 peserta laki-laki dan 7 peserta perempuan. Daurah ini membahas tentang Kitab Tauhid At-Tamimi oleh Ust. Ir. H. Muh. Qosim Saguni dan Kitab Manhaj Firqotun Najiyah oleh Ust. Jahada Mangka, Lc. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 – 13.30 wita. Kebanyakan dari peserta adalah kalangan siswa.
  • Pengukuhan Pengurus
    Dilaksanakan pada tanggal 24/05/06, dimulai pada pukul 16.00 wita. Hadir pada kesempatan ini adalah Wakil Bupati Muna, Drs. H. La Bunga Baka ( Beliau mewakili Bupati Muna  yang lagi keluar daerah untuk memberikan sambutan ), Asisten III Drs. H. Hariman  Thalib ( juga sebagai Penasehat WI Cab. Muna ), para undangan yang terdiri dari Pengurus Mesjid, Ormas Islam dan  Pengurus OSIS, pengukuhan pengurus oleh Sekjen WI Pusat Makassar ( Ir. Muh. Qosim Saguni ), sebagai Ketua Wahdah Islamiyah Cabang Muna dr. Syamsuddin, Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kab. Muna). Ust. Qosim berharap agar pengurus yang terbentuk  dapat mengemban amanah dakwah. Bupati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Muna, mengharapkan agar WI Cab. Muna dapat menyebarkan syiar Islam, mengembangkan gagasan pemikiran keilmuan untuk kepentingan daerah dan menciptakan kader muslim yang berwawasan religius. Di samping itu, Bupati juga berharap agar organisasi ini dapat menjadi mitra dalam pembangunan daerah, institusi mediasi yang mampu mengeliminir bias-bias konflik sosial dan juga mengangkat aspirasi masyarakat ke Pemerintah Daerah.
  • Seminar Islam
    Seminar ini mengambil tema “ Menyingkap Misteri Alam Ghaib, Kesurupan dalam Tinjauan Medis dan Syar’i “ dirangkaikan dengan Ruqyah Massal. Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Agung Al-Munawwarah Raha pada hari Kamis 25/05/06 dimulai pada pukul 08.30-11.30 wita. Jumlah peserta seminar mencapai 500 orang, terdapat 3 pemateri dalam acara ini, pemateri pertama adalah dr. syamsuddin, Sp.PD     ( Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kab. Muna / Ketua WI Cab. Muna ) yang membahas tentang Kesurupan dalam Tinjauan Medis. Pemateri kedua adalah Ust. Jahada Mangka, Lc yang membahas tentang Sihir, Kesurupan dan Perdukunan dalam Tinjauan Aqidah Islam, sedangkan pemateri ketiga adalah Ust. Ir. Muh. Qosim Saguni yang membahas tentang Konsep dan Metode Ruqyah Syar’iah. Setelah selesai seminar, dilanjutkan  dengan Ruqyah Massal yang dipandu oleh Ust. Hilman Sawili. Pemerintah daerah memberikan dukungan yang besar terhadap pelaksanaan acara ini
  • Seminar Islam Muslimah
    Seminar ini mengangkat tema “ Islam dan Pembinaan Remaja Muslim “ dengan judul “ Anakku Inilah Jalan ke Surga “. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Depag, Kamis tanggal 25/05/06, mulai pukul 08.00-12.00 wita. Jumlah peserta mencapai 130 orang terdiri dari 50 peserta ibu-ibu majelis ta’lim dan 80 peserta pelajar dan mahasiswa. Terdapat dua pemateri dalam acara ini. Pemateri pertama adalah Hj. Waode Zainab Hibi ( Ketua DPRD Kab. Muna ), membahas Peran Pemerintah dalam Pembinaan Remaja Putri. Pemateri kedua adalah Ummu Kholid ( Muballighah Makassar ) yang membahas tentang Peran Keluarga dalam Pembinaan Remaja Putri. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Ibu Ketua DPRD sekaligus sebagai pemateri, beliau menyarankan untuk lebih sering mengadakan kegiatan yang serupa dan pihak pemerintah akan tetap mendukung. Demikian juga Ibu Kakandepag, beliau menyayangkan karena jumlah peserta yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan kualitas materi yang disampaikan.

 

Artikulli paraprakPelatihan Ruqyah Muslimah Sinjai
Artikulli tjetërWahdah Kumpulkan Dana Lebih 51 Jt

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini