PENINGKATAN EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI  PENGELOLAAN SEKOLAH, SEBUAH  KONSEP PEMBINAAN SEKOLAH  SWASTA
Oleh : Ir.Nursalam Siradjuddin
Plt.Sekretaris Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah

Pendahuluan
Tantangan penyelenggaraan sekolah swasta masa kini adalah bagaimana setiap pengelola dengan  cepat menjawab kebutuhan sekolahnya  dengan keunggulan mutu dan layanan yang efektif dan efisien. Dalam hal ini diperlukan  dua pendekatan yang perlu diterapkan :di masing-masing unit pendidikan 1) manajemen dan mutu dan 2) manajemen berorientasi pada klien.
Dalam manejemen mutu, pengelola sekolah swasta (tenaga pendidik dan non kependidikan)  harus mampu mengantisipasi berbagai perubahan karena mutu pendidikan bersifat dinamis. Mutu berdimensi waktu dan tempat. Setiap pengelola sekolah swasta harus mampu secara optimal menerapkan mutu kedalam berbagai fungsi manajemen antara lain perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Dalam waktu dan tempat yang berbeda pengelola harus dapat menerapkan fungsi manajemen yang dimaksud meskipun jumlah sasaran dan volume kerja sangat berbeda antar sekolah, diakibaklan karena jumlah siswa dan guru juga  berbeda Dengan demikian diharapkan manajemen mutu dilakukan secara berkelanjutan dan merupakan siklus tahunan  yang berangkat dari target yang telah ditetapkan pada awal tahun ajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi yang hasilnya menjadi masukan bagi target (sasaran) mutu untuk tahun berikutnya.
Dalam manajemen berorientasi pada siswa, pengelolaan sekolah swasta diarahkan untuk menjawab kebutuhan pasar, kebutuhan pengguna jasa pendidikan yang dihasilkan oleh sekolah swasta. Oleh karena masyarakat pengguna jasa sekolah swasta sangat bervariasi, sedangkan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional , maka proses belajar di sekolah swasta harus dapat mengakomodasi aspirasi masyarakat pengguna jasa pendidikan, misalnya saja lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah mempunyai orinetasi dan terget pada seluruh murid dan siswa yang tamat SD dan SMP hafal al-qur’an 2 juz kemudian ditambah 2 atau 3 juz pada tingkatan berikutnya.
Penegelolaan sekolah  secara efektif
Sekolah  sebagai lembaga pendidikan, pengelolaannya dapat dilakukan secara efektif dengan menggunakan asumsi dasar keberhasilan sekolah yang efektif. Beberapa ciri pengelolaan sekolah efektif antara lain :

a. Adanya standar harapan yang tinggi
Para pengelola sekolah  termasuk guru perlu selalu memiliki standar harapan yang tinggi terhadap prestasi belajar anak. Prinsip ini mendasari pendidik dengan sikap berfikir positif bahwa setiap anak berpeluang untuk berprestasi tinggi. Dengan menaruh harapan positif maka guru dan pengelola sekolah  akan selalu berusaha memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa. Berbeda dengan sikap yang negatif dimana beranggapan bahwa siswa itu malas, bodoh, dan lain – lain sehingga semakin mempertebal semangan guru untuk tidak berusaha seoptimal mungkin dalam mendidik anak.

b. Menciptakan keamanan dan keteraturan lingkungan lingkungan belajar
 Agar pelaksanaan pendidkan di sekolah  berjalan tertib perlu diciptakan suasana sekolah yang aman dan teratur. Suasana aman dapat ditandai dengan siswa merasa betah di sekolah, bebas tanpa tekanan. Secara fisik aman dari gangguan dari orang – orang berniat jahat. Suasana sekolah merangsang siswa, guru dan karyawan untuk berprestasi, dan bagi mereka yang berprestasi diberikan penghargaan.
Sekolah swasta perlu tertib dan teratur, perlu ada peraturan yang mengatur hubungan antara siswa dengan  guru dan pegawai lainnya, hubungan antara guru dengan kepala sekolah, hubungan antara guru dan orang tua bahkan hubungan antar siswa dengan siswa. Dengan demikian diharapkan akan tumbuh kedisiplinan dan menegakkannya  baik dalam belajar mengajar maupun dalam tugas – tugas lainnya.

c. Merumuskan tujuan yang jelas
Sekolah  harus mampu menjabarkan tujuan  kelembagaannya secara jelas (Visi dan Misi). Seperangkat tujuan tersebut agar dijabarkan kedalam program tahunan (RAPBS) sehingga fokus pencapaiannya jelas. Dengan penuangan tujuan secara transparan dapat diupayakan perbaikan  terhadap tujuan – tujuan yang belum dapat dicapai dan peningkatan program  terhadap tujuan yang sudah berhasil.

d. Kepemimpinan yang kuat dan dinamis
Keberhasilan sekolah swasta sangat ditunjang oleh hadirnya kepemimpinan yang kuat. Ciri – ciri kepemimpinan ini antara lain :
1.    Memiliki Visi
2.    Disiplin
3.    Konsisten
4.    Teladan bagi yang lain
5.    Support (memberi dorongan)
6.    Penghargaan terhadap yang berprestasi (staf, guru dan siswa)

e. Memonitor kemajuan siswa
Secara terus menerus Kepala Sekolah bersama guru perlu melakukan evaluasi dan pemantauan atas kemajuan dan prestasi belajar siswa. Di samping itu evaluasi dan pemantauan secara keseluruhan dilaksanakan oleh pengelola (Kepala sekolah) terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada guru dan penyelenggara (Yayasan) kepada Kepala Sekolah atas amanah kepemimpinan serta manajemen secara keseluruhan  dengan mengingat besar kecilnya sasaran.

f. Pengembangan guru dan  staf
Peningkatan mutu guru dan staf terus menerus diupayakan karena kesadaran adanya tuntutan dunia luar (pasar) dan perkembangan aspirasi masyarakat, serta pengamatan lingkungan dan pendidikan yang baik.
Dalam kaitan itu pengembangan mutu guru dan staf disamping melalui pelatihan / penataran, juga diupayakan dengan kunjungan studi banding, lokakarya, maupun seminar.

Pengelolaan Administrasi secara tertib dan kontinyu
Dengan pengadministrasian yang baik dan tertib berarti pengelola swasta selalu siap melakukan akuntabilitas (pertanggung jawaban) penyelenggaraan. Melalui akuntabilitas akan terlihat secara administratif antara lain adanya manajemem keuangan yang sehat (seluruh transaksi tercatat dalam buku keuangan serta bukti-bukti fisik dan non fisik)  saran prasarana pendidkan yang memadai dan proses belajar mengajar yang baik. Tuntutan akuntabilitas penyelenggaraan diperlukan untuk laporan kepada pemerintah, masyarakat dan orang tua, serta yayasan.

Artikulli paraprakPPS
Artikulli tjetërWahdah Islamiyah Makassar, Peluang Tantangan & Strategi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini