Pelatihan Ustadz/ah Pengajar al-Qur’an Metode Tilawati LP3Q Gowa
Sebanyak 120 ustadzah dan 40 ustadz pengajar TK-TPA dari Makassar,
Gowa, Takalar bahkan dari Sidrap dan Sinjai , mengikuti pelatihan
sehari tentang pengajaran baca al-Qur’an metode Tilawati, yang
diselenggarakan oleh LP3Q Gowa bekerjasama dengan Tilawati Cabang Al
Ishlah Makassar, Pelatihan Ustadz/ah Pengajar al-Qur’an Metode Tilawati, yang berlangsung di Masjid An-Nur, Gowa, Ahad/8 Pebruari 2009.
Pelatihan ini dibuka oleh Ust. Drs. H. Ali Muaffa (
Penulis buku Tilawati dan pengurus Tilawati Pusat Surabaya) via
telpon. Pelatihan ini merupakan pengenalan terhadap metode
Tilawati, bertujuan memberikan wawasan tentang metode yang
efektif, yang selanjutnya dapat mengadakan pembaharuan-pembaharuan dan
pengajaran al-Qur’an di TK-TPA.
Titik tekan metode ini, menurut rilis yang dikirim oleh Direktur LP3Q DPC WI Gowa, Sudarman, yakni; Pengajaran klasikal individual secara seimbang dengan irama tartil sederhana. Dalam pelatihan tersebut ditampilkan peragaan pengajaran metode Tilawati oleh santri-santri dari TK-TPA Nurul Istiqomah dan AlHidayah Aspol Sungguminasa(yang telah memakai metode Tilawati).
Dengan metode Tilawati, diharapkan dapat mengatasi beberapa problem-problem yang biasa terjadi di TK-TPA antara lain;
1. Jumlah santri dan ustadz/ah tidak memadai.
2. Suasana belajar santri yang gaduh, ribut; santri berlarian, bermain-main.
3. Pada awalnya banyak santri, makin lama makin sedikit.
4. Santri belum khatam Al-Qur’an tetapi sudah diwisuda, mengajinya
masih parah dan tidak mau pergi mengaji lagi.
5. Kualitas Ustadz/ah belum standard baik bacaan maupun ketrampilan
mengajarnya.
Setelah pelatihan ini, maka akan diadakan pembinaan
lanjutan selama 12 kali pertemuan untuk mempermantap bacaan
al-Qur’annya terutama buku tilawati dan cara pengajarannya yaitu
praktek pengajaran metode Tilawati/ mikro teaching. Karena Santri yang
berkualitas berawal dari Ustadz/ah yang berkualitas pula. Saat ini
telah diujicobakan 6 TK-TPA di Gowa dengan menggunakan metode
Tilawati. Hasilnya, telah telah terjadi perubahan
yang sangat signifikan terhadap problem-problem di atas.