(Yogyakarta-Wahdah.Or.Id) – Menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Tanpa amar ma’ruf nahi mungkar syariat agama tidak akan berjalan sempurna. Bahkan seluruh Rasul ‘alaihimussalam diutus demi untuk mengajak umatnya kepada kebaikan dan mencegah mereka dari kemungkaran. Dengan beramar ma’ruf nahi mungkar umat ini menjadi umat terbaik yang pernah Allah ciptakan diatas muka bumi ini. Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surah Ali Imran ayat 110.

Demikian diantara materi awal Daurah Hisbah (Pelatihan Amar Ma’ruf Nahi Munkar) yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah (WI) bersama Syaikh Abdullah Al Wathban dan Syaikh Shalih Abul Khail dari Saudi Arabia di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta.

Daurah yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (17-18/04) tersebut diikuti berbagai kalangan organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis Islam, pondok, dan lembaga lainnya dari dalam dan luar kota Yogyakarta.

Berbagai pembahasan terkait amar ma’ruf nahi munkar dibahas secara detil dan disertai dalil dari al-Qur’an dan Sunnah oleh Syaikh Abdullah al-Wathban dan Syaikh Shalih Abu Khair yang membawakan materi secara bergantian.

Pada hari kedua para peserta yang telah dikelompokkan diberikan tugas untuk mempraktekkan bagaimana berdakwah yang baik sesuai pembahasan yang telah disampaikan sebelumnya. Tugas mereka bermacam-macam, ada yang betugas menyampaikan dakwah melalui sosial media, ke Anggota DPRD Kota Yogyakarta, tahanan lapas, dan beberapa tempat lainnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here