Orang Tua Murid SD Wahdah Adakan Seminar Parenting

Date:

(Makassar-Wahdah.or.id) Strategi Membangun Komunikasi Pada Anak menjadi tema Seminar Parenting yang diadakan Persatuan Orang Tua Murid (POM) SDIT Wahdah Islamiyah 01 pada hari Ahad, 13 Agustus 2017.

Bertempat di Aula Hasanuddin, Gedung PP2AK II LAN Antang peserta seminar kurang lebih 400 orang didominasi oleh ibu-ibu yang menyekolahkan anaknya di SD Wahdah Islamiyah 01. “Peserta ada sekitar 400an,” kata ketua panitia, Ibu Wakifah, S.Si.

Ibu Tri Eka, S.T, ketua POM SDIT WI 01 sangat senang dengan adanya kerjasama antara ibu dan guru-guru yang begitu semangat dalam menyukseskan acara ini. “Ini merupakan kegiatan perdana, semoga bisa memotivasi bagi semua orang tua. Besar harapan agar materi dapat diaplikasikan,” kata Ibu Tri dalam sambutannya.

Senada dengan itu, ketua YPWI Ustadz Ir. Nursalam Siradjuddin juga mengapresiasi pengurus komite, dalam hal ini POM. “Kami sangat mengapresiasi komite sekolah melaksanakan kegiatan seminar ini, sebelumnya YPWI telah melaksanakan kegiatan serupa untuk guru, berupa seminar konselor muslim tingkat 1 & 2,” ungkap Ustadz Nursalam.

Dengan adanya seminar ini, ustadz Nursalam berharap agar orang tua dapat bersinergi dengan guru yang telah menjadi konselor, mengkomunikasikan setiap ada masalah dengan guru yang ada di kelas. Pola komunikasi yang baik sehingga semua masalah selesai, bisa nyambung, dan bisa diterapkan sesuai harapan komite.

Sebagai pemateri pertama, Kepala Seksi Pembelajaran Paud Dinas Pendidikan Kota Makassar, Bapak Yasmain Gasba, S.Pd., M.Pd, membawakan materi “Komunikasi Saintifik Pada Anak”. Pak Yasmain yang telah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan psikologi anak ini membeberkan bahwa anak selalu mencontoh orang dewasa. Agar bisa sesuai dengan harapan orang tua maka diperlukan model berkomunikasi yang bisa dipahami anak, yaitu salah satunya dengan saintifik. Dengan mendalami dan ikut merasakan apa yang dilakukan anak terlebih dahulu, kemudian anak diajak untuk berpikir dan menganalisa sendiri setiap tindakannya.

Pada materi sesi kedua peserta mendapatkan materi “Tuntunan Rasul dalam Berkomunikasi Dengan Anak” oleh ustadz Askaryaman, S.Pd. M.Pd. Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Anak dan Remaja (LP2AR) DPP Wahdah Islamiyah mengingatkan orangtua untuk memperhatikan 3 waktu agar menjadi Quality Time dengan anak sehingga komunikasi dan nasihat bisa melekat pada anak. 3 Waktu tersebut adalah saat anak-anak di kendaraan, waktu makan dan saat mau tidur.

Diakhir materi ustadz Askar Yaman meminta agar orang tua perbanyak doa untuk anak karena Rasulullah juga banyak mendoakan anak. Ustadz menceritakan kisah Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yang menceritakan rahasia dirinya bisa kaya raya dan berketurunan banyak berkat doa Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam, saat Anas kecil, Ibu Anas mendatangi Rasulullah agar Anas didoakan.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Apresiasi dari Wakil Ketua DKM Masjid Kubah 99 Asmaul Husna terhadap Kegiatan Tarbiyah Gabungan Wahdah Islamiyah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wakil Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)...

Padat, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Dipenuhi Jamaah Tarbiyah Gabungan Wahdah Makassar

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Wahdah Islamiyah Makassar menggelar kegiatan Tarbiyah...

Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah Sambangi Pengurus Pusat Hidayatullah Tuk Bahas Peluang Sinergi dan Kolaborasi

JAKARTA, wahdah.or.id - Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah (DPP...

Sudah 7 Bulan Lebih Digempur Oleh Roket Israel, Jangan Biarkan Gaza Sendiri!

MAKASSAR, wahdah.or.id -- Waktu tujuh bulan lebih, bukanlah waktu...