Muslimah Wahdah Sulsel Gelar Workshop Kehumasan dan Jurnalistik, Bahas Peran Jurnalis dalam Memerangi Berita Hoax

Date:

MAKASSAR, wahdah.or.id – Berita hoax merupakan salah satu pelanggaran UUD ITE yang telah ditetapkan Pemerintah Negara Indonesia.

Menyikapi hal ini Muslimah Wahdah Islamiyah Wilayah (MWW) Sulawesi Selatan mengadakan Workshop Kehumasan dan Jurnalistik yang diadakan secara daring via Zoom Meetings, yang diikuti oleh puluhan muslimah yang berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Rilis berita yang tidak akurat oleh jurnalis merupakan salah sumber utama berita hoax. Salah satu pemateri, Fitri Wahyuni mengungkapkan pentingnya pemilihan bahan berita yang akurat sebelum berita itu diriliskan.

“Ini bukan tentang cepatnya berita itu bisa tersebar tetapi, ini tentang bagaimana berita itu bisa akurat dan tidak merugikan pihak lain,” ujarnya ketika memberikan materi kepada peserta.

Ia menambahkan bahwa seorang jurnalis muslim harus belajar dari kisah burung hud-hud dalam surah An Naml: 22-25. Dalam kisah ini dijelaskan bagaimana burung hud-hud ketika membawa berita ia yakin dengan apa yang dibawanya, dan juga berita yang dikabarkan tak sekadar informasi belaka, tapi tersirat di dalamnya nilai-nilai Islam.

“Jadi seorang jurnalis muslim itu tak sekadar memberitakan, tapi ada nilai-nilai Islam yang tersirat dalam setiap tulisannya,” papar Ketua Divisi Humas Medikom MWW Sulsel ini.

Selain teknik penulisan berita, beberapa materi yang dibawakan pada kegiatan Workshop Kehumasan dan Jurnalistik ini adalah etika kehumasan, teknik fotografi, teknik Negosiasi, dan juga manajemen media sosial.

Kegiatan ini mendorong para jurnalis untuk senantiasa memberikan yang terbaik ketika memuat suatu pemberitaan sebelum tersebar keluar dan menjadi konsumsi masyarakat.

Dilaksanakan selama dua hari, namun antusias dan para peserta sangat terlihat dari awal hingga akhir acara. Beberapa peserta terlihat antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber yang mumpuni di bidangnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena membuat kita melek bahwasanya dunia jurnalistik itu perlu memberikan sesuatu yang terbaik, teratur dan terarah,” ungkap Haslina, salah satu peserta workshop.

Rep: Medikom MWW Sulsel
Editor: Muhammad Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...

10 Hari Terakhir Ramadan: WIZ Terus Layani Dapur Umum di Khan Yunis, Palestina, 432 Orang Terbantu

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki 10 hari terakhir Ramadan,...