Muskercab DPC Bantaeng – Sosialisasi LP3Q

Bantaeng, DPC Wahdah Islamiyah Bantaeng menggelar musyawarah dua tahunan (Muskercab II) dilaksanakan di komplek Pesantren Wahdah Islamiyah Jl. Bakri Lingkar Bonto antu Bantaeng 23 April 2010.

Mukercab II DPC Wahdah Islamiyah Bantaeng dibuka oleh Ketua LP3Q DPP mewakili DPP Wahdah Islamiyah. Dalam kata sambutannya-yang sekaligus sebagai pengarahan DPP pada Mukercab tersebut, Ustadz Qomari menyatakan bahwa Wahdah Islamiyah adalah wadah untuk membina ummat, membimbing kaum muslimin agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya terutama kehidupan keagamaannya.

Keberadaan Wahdah Islamiyah, menurutnya baik secara kelembagaan maupun pribadi-pribadi para kader Wahdah Islamiyah harus dirasakan manfaatnya oleh kaum muslimin. Wahdah Islamiyah harus bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat. Olehnya itu,lanjut mantan Ketua DPC WI Gowa ini, semua program kerja yang akan dirumuskan dan ditetapkan harus berorientasi pada ummat yaitu menyentuh langsung apa yang dibutuhkan kaum muslimin.
Lebih lanjut Beliau mengingatkan akan Visi 2015, yaitu Wahdah Islamiyah eksis di Bantaeng dengan indikator antara lain: 10% penduduk adalah kader/ binaan Wahdah Islamiyah , adanya institusi pendidikan formal TK, SD, SMP, SMA; terdaftar di Kesbangpol dan dikenal oleh masyarakat; kemandirian keuangan dan ketersediaan SDM yang memadai (alumni tadribud du’at, STIBA).

Sosialisasi LP3Q
Keesokan harinya, Ahad 24 April 2010, Ketua LP3Q di hadapan pengurus DPC Wahdah Islamiyah Bantaeng termasuk Lembaga Muslimah, memaparkan materi tentang LP3Q; bidang garapan, urgensi, tata kerja dan yang berkaitan dengannya.

Intinya, lanjut praktisi TK-TPA ini, bahwa LP3Q adalah lembaga yang memanyungi pendidikan al-Qur’an harus dibentuk, dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya; agar pendidikan al-Qur’an yang selama telah dikelola secara pribadi-  baik TK-TPA maupun pengajaran al-Qur’an orang dewasa Dirosa (Dirasah Orang Dewasa) – dapat berjalan dengan lebih baik sejalan dengan Visi Misi lembaga, yang pada akhirnya menghasilkan keluaran yang lebih baik dan berkualitas.
Dan yang lebih penting dari LP3Q adalah pendidikan al-Qur’an itu menjadi pintu/ jalan membina umat yang sangat mudah, dan yang menjadi kebutuhan bagi semua kaum muslimin. Sehingga di antara binaan-binaan itu, ada beberapa orang yang punya potensi besar untuk bisa dibina lebih lanjut dalam halaqoh-halaqoh tarbiyah dan nantinya bisa bersama-sama dengan pengurus DPC yang telah ada untuk mengangkat tugas dakwah ini. Semakin gencar pendidikan al-Qur’an ditangani, maka semakin banyak peluang untuk merekrut kader-kader yang bisa dipekerjakan di lembaga ini, dan semakin besar dan kuatlah gerakan dakwah untuk membumikan Islam ke dada kaum muslimin.

Gerakan pendidikan al-Qur’an di DPC Wahdah Islamiyah Bantaeng telah di mulai. Terbukti dengan telah terbentuknya 15 TK-TPA /TQA yang dibina oleh Ikhwan/ akhwat pengurus DPC. Ini akan menjadi modal yang sangat berharga bagi terbentuknya LP3Q. Apalagi pemerintah kabupaten Bantaeng punya perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan al-Qur’an ini, semakin besarlah kemungkinan LP3Q dapat dibentuk dan dikelola dengan baik. Segenap pengurus telah sepakat akan pembentukan lembaga ini dan program kerjanya telah dirumuskan dalam Mukercab semalam. Tinggal penentuan personilnya saja.

Pada bagian akhir sosialisasi program LP3Q, Ketua LP3Q DPP memberikan memaparan materi Administrasi dan managemen TK-TPA, sebagai titik start bagi TK-TPA yang dibina oleh ikhwan-akhwat untuk penyeragaman pengelolaan TK-TPA.

 

Artikulli paraprakMuslimah Bercadar Gelar Bakti Sosial
Artikulli tjetërWisuda Santri LP3Q Wahdah Islamiyah Cabang Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini