MUI akan Selenggarakan Kongres Umat Islam Indonesia V

Dibuka SBY akan berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta dan diikuti 800 peserta  termasuk dari luar negeri.Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menyelenggarakan Kongres Umat Islam Indonesia  (KUII) V di Jakarta. Kongres ini akan digelar pada tanggal 7-10 Mei 2010 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Rencananya, kongres  akan diikuti oleh sekitar 800 peserta yang terdiri dari unsur-unsur MUI Pusat, MUI tingkat propinsi, perwakilan ormas-ormas Islam tingkat pusat, pondok pesantren dan perguruan tinggi Islam, lembaga-lembaga Islam nasional dan internasional serta kalangan profesional pendidikan, perekonomian dan perbankan.

KUII ini diselenggarakan dengan mengambil tema “Peneguhan Ukhuwwah Islamiyah untuk Indonesia bermartabat”.

Ketua Panitia Pengarah KUII, Din Syamsuddin, di Kantor MUI  Jakarta, Kamis siang, mengungkapkan, dalam kongres ini akan dibahas masalah kepemimpinan umat Islam dalam konteks Negara Kesatuan RI yang meliputi, paradigma, visi dan karakter kepemimpinan Islam, termasuk penguatan kelembagaaan umat serta penguatan jaringan komunikasi kelembagaan.

Selain itu, kata Din,  masalah ekonomi umat Islam juga masuk dalam pembahasan KUII. Karena itu, diharapkan KUII bisa menjadi wahan efektif untuk menghimpun kekuatan umat yang terserak, mendiskusikan gagasan dan pemikiran dari berbagai elemen umat Islam untuk merumuskan langkah strategis bagi revitalisasi peran umat Islam.

KUII  yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini akan berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dan diikuti 800 peserta dari berbagai tokoh agama Islam, termasuk dari luar negeri. 

 
Menurut Ikhwan Syam,  kegiatan-kegiatan pra-kongres akan dilaksanakan dalam bentuk halaqoh, seminar, silaturrahim media dan bazar serta pameran.

"Selain itu, Kongres Umat Islam Indonesia V juga dimaksudkan untuk mencari solusi kepemimpinan yang cocok untuk kesejahteraan umat ke depan," tandas Ikhwan. [nuo/pko/www.hidayatullah.com]

 

 

Artikulli paraprakBelajar Dari Para Pembelot Umat
Artikulli tjetërIsrael Lancarkan Serangan Darat ke Gaza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini