Model Tarbiyah di Makassar TV
Departemen Dakwah Cabang Makassar, mulai hari ahad kemarin tanggal 17/12/06, menampilkan model dakwah baru di Makassar TV, berbeda penampilan para asatidzah di tayangan embun Qalbu pada hari-hari yang lain.

Model Dakwah baru tersebut meyerupai Liqo Tarbiyah yang selama ini dilaksanakan di Wahdah Islamiyah, yaitu Pemateri (yang biasa disebut Murabbi) memaparkan materinya, yang disimak oleh beberapa audience (Yang biasa disebut mutarabbi)

Dalam tayangan perdana ini tampil sebagai Murabbi adalah Ustadz H.Nur Ihsan Muhammad Idris,Lc (Wakil Ketua Cabang WI Makassar) yang diikuti 5 orang Mutarabbi yang berasal dari Binaan Wahdah Islamiyah Unhas yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus MPM Unhas (UKM LDK MPM UH), tampak dalam kelompok tersebut Ketua LDK MPM UH Akh Abd.Qadir, Imam Masjid Kampus UH Akh Mukhtar, Kabir.BRTM Masjid Kampus Akh Affandi Nur, dan dua pengurus lainnya, yaitu Akh Edwin dan Akh Putra Alam.

“Pembinaan Remaja Muslim” Merupakan tema yang dibicarakan pada tayangan Embun Qalbu setiap hari Ahad ini, dan judul yang diangkat kemarin adalah “Kriteria Orang Yang Tidak Merugi Dunia Akhirat”. Sebelum pemberian materi, diawali dengan Pembacaaan Ayat Al Qur’an oleh para Mutarabbi. Dalam Pemaparanya Ustadz memberikan penjelasan bahwa diantara kriteria orang yang tidak merugi seperti yang ada dalam kandungan Surah Al Ashr adalah orang yang berilmu dan mengamalkan ilmu yang telah didapatkan.

Setelah memberikan pengantar singkat, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang melibatkan para Mutarabbi dan para pemirsa di rumah secara interaktif, karena dibatasi oleh waktu , hanya 8 pertanyan yang masuk, 5 dari penelepon pemirsa dan 3 dari Mutarabbi. Salah satu penelepon yang masuk salut mendengarkan bacaan salah seorang Mutarabbi yang bacaan Alqurannya mirip Imam di Masjid Kuwait.

Menurut Ustadz, yang juga pencetus ide model tarbiyah pada program Embun Qalbu ini, Tujuan diadakannya metode ini, adalah memberikan contoh kepada masyarakat tentang salah satu metode yang efektif dalam memberikan Pembinaan Pribadi Muslim (Yang di kenal dengan nama Tarbiyah), terutama pembinaan kepada generasi muda Islam yang selama ini banyak mengalami dekadensi moral di tengah masyarakat.

Program Tarbiyah ini merupakan metode Pembinaan secara intensif dan rutin yang di dalamnya diberikan pengetahuan dan pemahaman dasar tentang Dienul Islam, mulai dari perbaikan bacaan AlQur’an, pemberian Materi Aqidah, Materi Hadits dan materi-materi dasar keislaman yang lain.
 

Artikulli paraprakAqidah Islam,Jalan Lurus Mencapai Kebahagian
Artikulli tjetërKita Butuh ‘Laki-laki’

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini