Mesir Tiba-tiba Buka Perbatasan, Hamas Minta Agar Tidak Temporer

Tak ada yang menyangka, secara tiba-tiba, pemerintahan Mesir membuka perbatasan Rafah yang memisahkannya dengan Jalur Gaza. Mulai hari ini (1/6) Mesir bahkan membuka pintu perbatasan dua arah. Mungkinkah karena desakan internasional? Atau memang bagian dari hasil komunikasi Mesir-Israel paska tragedi Armada Kebebasan?

Seorang tokoh Gaza yang menangani masalah pintu perbatasan Palestina mengatakan pada Quds Press, “Pihak Mesir telah menyampaikan soal pembukaan perbatasan Rafah dua arah, sejak hari selasa, tanpa diketahui apa maksudnya.” Sementara pihak Mesir sendiri menyatakan pembukaan perbatasan Rafah itu untuk menerima bantuan yang akan disampaikan ke Gaza.

 

Tindakan secara tiba-tiba oleh pihak Mesir ini ditanggapi positif oleh Hamas yang menguasai Gaza. Hanya saja, pihak Hamas segera menyatakan sisi komitmen Mesir bila benar pembukaan perbatasan Rafah itu untuk menerima bantuan internasional.

DR Sami Abu Zuhri, Jubir Hamas mengatakan, sudah menjadi keharusan pihak Mesir untuk membuka perbatasan Rafah tapi tidak hanya sesaat atau temporer. “Mesir harus membuka perbatasan itu untuk salamanya, bukan sesaat,” ujar Abu Zuhri.

Dalam pernyataan khusus yang disampaikan pada Palestina Information Center, Abu Zuhri menegaskan, “Kami tidak menerima bila prilaku Mesir ini dilakukan sebagai langkah sementara. Kami meminta perbatasan Rafah dibuka selamanya, agar tidak terulang lagi tragedy Armada Kebebasan Gaza yang memakan korban.” Ia juga menjelaskan bahwa bila jalur darat terbuka untuk sampainya bantuan ke Gaza, niscaya tragedy Armada Kebebasan tidak perlu terjadi. “Sekarang pembukaan perbatasan untuk datangnya bantuan sudah menjadi tuntutan rakyat Palestina, dan seluruh Negara dunia yang mendukung kemerdekaan dan kebebasan. Tidak mungkin dan tidak bisa diterima bila perbatasan kemudian ditutup lagi,” tandasnya. (mln/Palestine information center/KNRP)

 

Artikulli paraprakHubungi Ibunda, Nur Fitri Bilang ‘I Will Back Soon To You
Artikulli tjetërTurki Putus Hubungan Dagang dengan Israel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini