Ketua LAZIS Ikuti Konferensi World Zakat Forum 2010

Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi World Zakat Forum yang  dihadiri  sekitar 258 peserta yang terdiri dari organisasi-organisasi pengelola zakat, organisasi Islam, perguruan tinggi, organisasi kerjasama zakat nasional dan regional, pusat kajian zakat dan perwakilan organisasi pengelola zakat dari berbagai negara di seluruh dunia.

Konferensi ini  digelar oleh Forum Zakat (FOZ) bekerjasama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan IMZ (Indonesia Magnificence of Zakat)

Konferensi Internasional yang membahas masalah perzakatan dunia in digelar di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, mulai tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2010.

Konferensi ini mengusung tema "Meneguhkan peran Zakat dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat Melalui Jejaring Zakat Internasional" (To Strenghten The Role Zakat in Realizing the Welfare of ummah Throught International Zakat Network).

Rabu pagi, 29 September 2010, Menteri Agama RI, Suryadharma Ali, mewakili Presiden RI membuka kegiatan konferensi ini. Dalam sambutannya Menteri Agama RI berharap agar konferensi ini dapat meningkatkan performa dan kinerja organisasi zakat, baik dalam urusan penghimpunan maupun pendistribusian zakat untuk mengangkat harkat martabat fakir miskin yang pada intinya adalahperlindungan Human Security dan Social Security serta memperkuat syiar Islam di setiap negara.

Sedangkan Bapak Prof. Dr KH. Didin Hafiduddin, Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah, dalam sambutannnya menyatakan bahwa World Zakat Forum digagas dalam rangka memfasilitasi sebuah pertemuan guna membahas permasalahan zakat internasional sekaligus memperbincangkan kemungkinan kerja sama zakat lintas negara untuk membantu mengatasi kemiskinan yang dialamai oleh kaum muslimin di berbagai negara.

Konferensi ini diisi oleh pemateri lintas negara, diantaranya Prof.Dr.Didin Hafiuddin, AAOIFI Bahrain, IRTI-IDB, Dompet Dhuafa Republika, Organisasi Zakat Saudi Arabia, Zakat Foundation of America, Kementreian Zakat Qatar, Menteri Zakat dan Wakaf Kuwait Sekjen OKI, Zakat Institution Sudan, Zunduq Zakat Jordan, Islamic Relief United Kingdom.

Selain dari unsur Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZIS) DPP Wahdah Islamiyah, Wakil Ketua Wahdah Yogyakarta H. Irfan Rodli, S.Th.I., MM juga turut hadir. (Laporan:Ustadz H.Nur Ihsan Muh.Idris, Lc/Ketua Lazis DPP WI)

Artikulli paraprakPelatihan Terjemah Al-Qur’an di Universitas Negeri Yogyakarta
Artikulli tjetërUstadz Yusran Direktur Baru Ma’had ‘Aly al Wahdah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini