Mencintai Kebaikan Untuk Sesama Seperti Mencintai Kebaikan Untuk Diri Sendiri

Date:

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda;

[arabic-font]

والذي نفسي بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره أو قال لأخيه ما يحب لنفسه (متفق عليه)

[/arabic-font]

“Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, Tidak beriman (dengan sempurna) seorang hamba hingga ia mencintai (kebaikan) untuk tetangga atau saudaranya kebaikan yang ia cintai untuk dirinya” (Muttafaq ‘alaih).

Pelajaran dari Hadits

  1. Wajibnya memberi perhatian pada tetangga dan saudara sesama Muslim serta mencintai kebaikan untuk mereka seperti mencintai kebaikan untuk diri sendiri.

  2. Tidak sempurna iman seorang hamba yang Muslim hingga ia meninggalkan hasad, dengki, iri hati.

  3. Tetangga mencakup orang beriman, fasik, kafir, teman, musuh, kerabat dan orang lain (non kerabat). Sesiapa yang pada dirinya berkumpul sifat-sifat yang mengharuskan kecintaan padanya, maka ia berada pada tingkatan yang lebih tinggi (dalam pemenuhan haknya sebagai tetangga). Demikianlah, setiap orang diberi haknya secara sesuai. 1

(Diterjemahkan oleh Syamsuddin Al-Munawiy dari Kitab Tuhfatul Kiram Syarh Bulughil Maram, Kitabul Jami’ Bab Al-Birr was-Shilah, halaman: 594, karya Syekh. DR. Muhammad Luqman As-Salafi hafidzahullah, terbitan Darud Da’i Lin Nasyri Wat Tauzi’ Riyadh Bekerjasama dengan Pusat Studi Islam Al-Allamah Ibn Baz India).

1 Tetangga ada beberapa tingkatan. Ada yang memilik tiga hak, yaitu tetanga yang Muslim dan merupakan kerabat. Ia memiliki hak sebagai Muslim, hak sebagai Muslim, dan hak sebagai tetangga. Ada tetangga yang yang memiliki dua hak, yakni tetangga yang Muslim dan bukan kerabat. Ia memiliki dua hak, yaitu hak sebagai Muslim dan hak sebagai tetangga. Dan ada tetangga yang memiliki hak sebagai tetangga, yaitu tetangga yang non Muslim. Ia berhak mendapatkan haknya sebagai tetangga.

Syamsuddin Al-Munawiy
Syamsuddin Al-Munawiy
Beliau merupakan pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Wahdah Islamiyah (Tingkat SMA) Kab. Bogor dan Merupakan Asisten Ketua Umum Wahdah Islamiyah serta saat ini melanjutkan pendidikan Doktor Pendidikan Islam di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Siap-Siap Kader Wahdah Sinjai! Berikut Jadwal Safari Dakwah Ketua Dewan Syariah

SINJAI, wahdah.or.id -- Mulai aktif menjalankan program kegiatan, menjelang...

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...