KENDARI, wahdah.or.id– Sebanyak 20 guru TKA/TPA dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara mengikuti acara Training Of Trainer untuk guru TKA/TPA yang dilaksanakan DPW Wahdah Islamiyah Provinsi Sulawesi Tenggara di Gedung SDIT Wahdah Islamiyah Kendari. Kegiatan yang dilaksnakan selama 3 hari, Jumat-Ahad 17-19 Agustus 2019 mengangkat tema Melahirkan Guru Trainer TKA/TPA yang profesional demi pencapaian visi Wahdah Islamiyah 1452 H/2030 M.

Sesuai dengan temanya, pembekalan TOT ini bertujuan untuk menyiapkan peserta menjadi fasilitator yang efektif dalam memberikan pelatihan bagi guru-guru yang mengajarkan kitabullah di provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketua DPW Sulawesi Tenggara, Ustadz Ir. H. Muhammad Ikhwan Kapai, dalam sambutannya berharap di Sulawesi Tenggara dapat lahir trainer profesional yang bisa melatih guru mengaji di daerah masing-masing. Ustadz Ikhwan juga memimpikan TKA/TPA akan berkembang dan menjadi percontohan di daerah dan DPD masing-masing.

Pemateri dalam TOT ini berasal dari LP3Q DPP Wahdah Islamiyah sebanyak 4 orang, diantaranya Ustadz Kamaruddin Ramli, Ustadz Munir Abdul Rasyid, Ustadz Muhammad Dzaky Mubarak, dan Ustadz Asrul Sani.

Peserta mendapatkan berbagai materi seperti Konsep Pendidikan orang dewasa, Manajemen Administrasi Praktis, Panduan Kurikulum, Metode pengajaran Iqro, Metodologi Pengajaran Hafalan Santri, Panduan Pengajaran B3 (Bernasyid, bercerita, dan bermain), problem solving, dan lain sebagainya.

Materi ditutup dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan praktik Micro Teaching.

Abdurrahman, peserta dari Kolaka Utara sangat mengapresiasi kegiatan TOT ini. “Luar biasa kegiatan TOT guru TKA / TPA terutama materi pengajaran bagaimana teknik presentasi yang efektif. Bagaimana berkomunikasi yang baik apa tujuan komunikasi dan juga game gamesnya yang diajarkan pemateri “, katanya.[]

Berita sebelumyaLatih Kekompakan Murid, SD IT Wahdah Islamiyah Gelar Festival Permainan Tradisional
Berita berikutnyaUndangan Shalat Idul Adha 1439 H/ 2018 M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here