JAKARTA – Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an (LP3Q) DPP Wahdah Islamiyah sukses menggelar Upgrading Pelatih Dirosa Nasional untuk Wilayah Indonesia Barat, melalui aplikasi ZOOM Meeting, Ahad (21/02/2021).

Upgrading ini dihadiri oleh 67 orang peserta dari wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, Banten, Sumatera selatan, Jambi, Aceh, dan Kepulauan Riau.

Ilham Idrus Tahir selaku sekretaris LP3Q DPP Wahdah Islamiyah menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari calon-calon trainer Dirosa yang akan mengisi kegiatan pelatihan pelatihan guru dirosa yang diharapkan bisa meningkatan kualitas keislaman masyarakat dan menyumbangkan kader-kader pilihan demi memperkuat gerakan dakwah di daerah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ustaz Nursalam Sirajuddin selaku Ketua Bidang II DPP Wahdah Islamiyah.
Dalam sambutannya, beliau berharap agar Dirosa dijadikan sebagai jembatan dalam pencapaian visi dan misi Wahdah Islamiyah.

“Sehingga seluruh pengurus dan kader di daerah bisa aktif terlibat dalam pembinaan Dirosa, yang kedepannya bisa terlibat dalam program tarbiyah rutin berkelanjutan,” jelas Ustaz Nursalam.

Ilham Idrus Tahir menuturkan, ada peningkatan isi materi pada upgrading kali ini, dibandingkan dengan Upgrading tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah adanya penyimakan secara langsung keterampilan para peserta dalam membaca Dirosa.

Selain itu, pada Upgrading kali ini, lanjut Ilham, terdapat presentasi Dirosa online oleh tim dirosa DPW Wahdah Islamiyah Banten yang telah berhasil mengelola, menjalankan, dan mengajarkan dirosa secara online, dan mendapatkan income untuk pembiayaan kegiatan-kegiatan dakwah lembaga.

Hadir sebagai pemateri pula, Ustaz Erul Gusnandar, Ustaz Iqbal dan Ustaz Bail yang menjelaskan mekanisme pengelolaan dirosa online.

Dalam Upgrading kali ini juga terdapat materi Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang mengarahkan agar peserta bisa maksimal menyerap semua materi Upgrading, sehingga muncul kepercayaan diri dan keterampilan merencanakan, mengelola dan mengisi pelatihan guru Dirosa di daerah masing-masing. (*/)

Berita sebelumyaUnit Lingkungan Hidup DPP Wahdah Islamiyah Resmi Sosialisasikan Eco Wahdah secara Nasional
Berita berikutnyaSediakan Fasilitas Belajar Al-Qur’an Orang Dewasa, Rumah Qur’an Ini Siap Berdiri di Kota Padang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here