Kultum Ramadhan #4# Keutamaan Takwa

Tujuan puncak dari ibadah puasa adalah takwa. Sebagaimana ditegaskan dalam surah Al-Baqarah ayah 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa”. (Qs. Al-Baqarah: 183).

Bahkan seluruh ibadah yang diperintahkan oleh Allah mengarah kepada satu satu maksud yakni menjadikan seorang hamba makin bertkawa kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 21.

Hal ini menunjukan bahwa takwa merupakan sesuatu yang sangat urgen dalam kehidupan manusia, sebab takwa merupakan sebab dan sumber keberuntungan dan kesuksesan. Allah berfirman.

وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

Barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya serta takut dan bertakwa kepadaNya maka mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

ۗ وَلَقَدْ وَصَّيْنَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَإِيَّاكُمْ أَنِ اتَّقُوا اللَّهَ ۚ وَإِن تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ غَنِيًّا حَمِيدًا}.[٧][٨]

Manfaat Takwa

  1. Jalan Keluar dari Permasalahan

Orang bertakwa mendapat janji dan jaminan dari Allah berupa jalan keluar dari permasalahan yang dihadapinya dalam hidup ini.

Allah berfirman;

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah makan Dia akan memberikan kepadanya jalan keluar”.

  1. Kemudahan Rezki

Orang bertakwa juga memperoleh janji kemudahan rezki dari Allah. Bahkan Allah menjanjikan untuknya rezki dari arah yang tidak disangka-sangka. Allah berfirman, “Siapa yang bertakwa kepada Allah, maka Dia akan memberinya jalan keluar dan memberinya rezki dan arah yang tidak disangka-sangka”.

  1. Kemudahan Memperoleh Ilmu

Orang bertakwa juga mendapat kemudahan dalam mencari ilmu. Sebab Allah menjanjikan akan mengarjarkan ilmu kepada orang bertakwa. Allah berfirman:

{وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ}

Bertakwalah kepada Allah niscaya Dia akan mengajari kalian, dan Allah maha mengetahui atas segala sesuatu.

  1. Bersama Allah

Orang bertakwa merupakan hamba yang dekat dengan Allah. Sebab Allah menegakan bahwa Dia bersama orang-orang yang bertakwa. Allah berfirman:

 إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوا وَّالَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ

Sesunggunya Allah bersama orang-orang bertakwa dan berbuat baik.

  1. Penghapusan Kesalahan dan Pahala yang Berlipatganda

Orang bertakwa juga mendapatkan jaminan penghapusan kesalahan dan pahalan yang besar dari Allah. Allah berfirman;

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah maka Allah akan hapuskan keburukan-keburukannya dan Dia besarkan pahalanya.

  1. Furqan (Kemampuan Membedakan baik dan buruk)

Allah juga menanjikan kepada orang berakwa kemampuan membedakan yanh baik dan buruk. Allah berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ

“Wahai orang-orang beriman,jika kalian bertakwa kepada Allah maka Dia memberikan kepada kalian furqan, mengampuni kenurujna-keburukan kalian dan mengampuni kalian.

  1. Terjaga dari Tipudaya Orang Kafir

Orang bertakwa dijaga oleh Allah dari tipudaya orang-orang kafir. Hal ini merupakan jaminan Allah bagi hamba-Nya yang bertakwa. Allah berfirman;

إِن تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِن تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا ۖ وَإِن تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيط

Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan”.

  1. Selamat dari Neraka

Janji Allah yang berikutnya kepada orang-orang bertakwa adalah keselamatan dari neraka.

ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوا وَّنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا}.

Dan tidak seorangpun daripadamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian akan menyelamatakan orang-orang bertakwa dan membiarkan orang-orang dzalim  di dalam neraka dalam keadaan berlutut. (Qs. Maryam:71-72)

  1. Masuk Surga

Selamat dari neraka tentu saja maskudnya masuk surga. Karena di akhirat hanya dua tempat kembali. Surga dan neraka. Orang bertakwa yang diselamatkan dari neraka pasti masuk surga.

Dalam Al-Qur’an dikabarkan bahwa surga yang selebar langit dan bumi disiapkan oleh Allah untuk orang bertakwa. Allah Ta’ala berfirman:

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (Qs. Ali Imran:133)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here