Kuliah Ilmu Islam Sistem Online Hadir di Makassar

Date:

Kuliah Ilmu Islam Sistem Online Hadir di Makassar

(Harian Tribun Timur, Jum’at 25 Juli 2008 Hal.11 Kolom Tribun Edu)

Makassar, Tribun – Madinah International University (MEDIU) Malaysia bekerja sama dengan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) membuka cabang di Makassar dengan menerapkan perkuliahan sistem online koneksi internet broadband.

MEDIU merupakan peguruan tinggi Islam online pertama di dunia. Perkuliahan menampilkan format bahan kuliah berbasis multimedia perpaduan audio dan visual, lalu dilanjutkan pembelajaran di kelas-kelas tutorial untuk mendapatkan penjelasan lanjutan dari tutor.
 
Siaran pers YPWI ke Tribun, Kamis (24/7), menyebutkan, Madinah International University adalah suatu universitas yang berpusat di Malaysia. Universitas ini menawarkan program kuliah jarak jauh lewat internet. Bagi peserta yang berprestasi dan memenuhi syarat akan diberikan beasiswa.

Universitas ini menggunakan prasarana pendidikan modern yang mengikuti perkembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan dunia Islam masa kini, terutama ilmu Islam, sains, ekonomi dan teknologi dan ilmu lainnya. Nantinya para mahasiswa akan mendapat kuliah dari para ulama dan masyaikh dari Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Mesir serta dosen-dosen lokal.

Alumni perguruan tinggi ini akan mendapatkan ijazah formal akademik dari universitas dengan jenjang strata satu (S1) dan strata dua (S2). Namun, kuncinya mahasiswa yang diterima, harus memiliki kemampuan bahasa Arab, sebab pengantar kuliahnya adalah bahasa Arab.

Pengelola MEDIU Makassar sebagai Mursyif ‘Am (penanggung jawab umum) MEDIU Makassar, Muh Zaitun Rasmin, Lc dan LC Kordinator MEDIU, Muh.Yani Abd.Karim, Lc, MA.

Menurut Kordinator IT MEDIU Made Yudhi, dalam waktu dekat ini akan diadakan peluncuran sistem online pengajaran jarak jauh dengan bandwidth 1 Mbps. Sekarang sudah tersedia paket komputer multimedia sebanyak 62 unit, 40 di laboratorium laki-laki dan 22 di laboratorium perempuan.

Bisa Daftar Lewat Internet
MEDIU membuka dua fakultas yakni Fakultas Agama Islam dengan empat jurusan: dakwah dan usuluddin, hadits dan ilmu hadits, fiqih dan ushul fiqh, ilmu-ilmu Al Quran dan Fakultas Bahasa Arab dengan jurusan bahasa dan sastra Arab. Selain mempelajari ilmu Islam perguruan tinggi ini juga terdapat mata kuliah ilmu komputer. Fasilitas kampus yang tersedia yakni perpustakaan digital, laboratorium komputer, koneksi internet broadband hotspot, ruang kuliah ber-AC, dan asrama mahasiswa. Pendaftaran dibuka secara online dengan mengunjungi www.mediu.edu.my atau melalui Sulawesi MEDIU Learning Center Jl Inspeksi PAM Manggala Kecamatan Manggala Makassar, telepon 0411-6075237. (Sumber : www.tribun-timur.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

6 Olahraga Rekomended untuk Lansia: Badan Sehat, Ibadah Jadi Semangat!

Wahdah.Or.Id -- Menjaga kesehatan dan tetap aktif di usia...

Menginspirasi! Wahdah Mamuju Rangkul Umat dengan Program Tabungan Kurban dan Libatkan Tim Dokter dari Dinas Peternakan

MAMUJU, wahdah.or.id -- Dalam semangat menyemarakkan Idul Adha 1445...

Khawatirkan Pendistribusian, Ust. Fikrul dan Panitia Hanya Menerima 14 Ekor Sapi dan 5 Kambing

PADANG, wahdah.or.id - Ibu kota Sumatera Barat, Kota Padang,...