Kiemas Buka Pertemuan Aktivis Palestina

Tribun Timur, Kamis 30 Juni 2011, Hal. 3

Sekitar 200 aktivis kemanusiaan dari 30 negara se Asia Pasifik berkumpul di Indonesia dalam acara Asia-Pacific Community Conference for Palestine yang bertajuk Striving to Fullfill The Rights of Palestinian People, di Jakarta Convention Center, Rabu (26/6) dan Kamis (30/6).
Konferensi yang digelar Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dan Kaukus Parlemen Indonesia secara resmi dibuka oleh Ketua MPR Taufik Kiemas.

Dalam sambutannya, Kiemas menegaskan bahwa Indonesia menudukung sepenuhnya kemerdekaan Bangsa Palestina dan mengutuk penjajahan yang dilakukan oleh Israel.
"Sikap Indonesia konsisten berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagaimana amanat UUD 1945," ujar suami mantan Presiden Megawati Soekarno Putri ini.
Ketua Umum KNRP Soeripto yang sekaligus ketua steering committee dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah wadah pertemuan untuk melahirkan ide-ide menuju upaya kemerdekaan Palestina serta mengkordinir dan menyatukan langkah dari NGO-NGO se Asia Tenggara. Forum ini juga nantinya akan adakan penggalangan dana untuk Palestina.
"Saatnya tidak menunda lagi, sekarang waktunya untuk mencari solusi, mari kita bergandengan tangan untukperbaikan bagi Palestina sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat," tegas Soeripto.
Hari pertama konferensi diisi keynote session oleh Hazah Thayyeb (Kemenlu RI), Osamah Hamdan (Palestine Research Center, Libanon), Jimly Asshiddiqie, Akram Al Adluni (Chairman of al Quds International Institution), George Galloway (Viva Palestine, Inggris), Shahidan Kasim (Adviser to the Prime Minister of Malaysia), dan sejumlah pembicara dari berbagai negara.(*).

Lihat e-paper

Artikulli paraprakSatu Malam, Satu Miliyar Untuk Palestina
Artikulli tjetërKetua Umum Wahdah Jadi Penerjemah Presiden

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini