Hari Arafah adalah hari yang istimewa.Terdapat banyak dalil dari Al-Qur’an maupun Sunnah hingga perkataan sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam yang menunjukkan hal ini.

Dan diantara keistimewaan hari ini adalah:

1. Hari dimana Allah menyempurnakan agama.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih mereka bahwa suatu ketika seorang Yahudi datang kepada Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. Lalu ia (yahudi) mengatakan: “Sebuah ayat di Kitabullah, yang apabila ia turun kepada kami kalangan yahudi maka akan kami jadikan ia sebagai hari raya. Lalu Umar mengatakan: Apa itu? yahudi menjawab:

( ٱلۡيَوۡمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَٱخۡشَوۡنِۚ ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ )

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu.”

-Surah Al-Ma’idah, Ayah 3.

Umar radhiyallahu anhu menjawab:

(قد عرفنا ذلك اليوم والمكان الذي نزلت فيه على النبي صلى الله عليه وسلم: وهو قائم بعرفة يوم الجمعة).

“Kami telah mengetahui hari dan tempat diturunkannya ayat itu kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam, yaitu ketika beliau di Arafah pada hari Jum’at”

2. Hari dimana Allah menurunkan banyak ampunannya. Disebutkan dalam hadis bahwa barangsiapa yang berpuasa di hari ini (bagi yang tidak berhaji) maka akan diampuni dosa-dosanya satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(صيامُ يومِ عرفةَ، أَحتسبُ على اللهِ أن يُكفِّرَ السنةَ التي قبلَه والسنةَ التي بعده) رواه مسلم.

“Puasa hari Arafah, saya mengharapkannya kepada Allah agar dapat mengampuni satu tahun dosa sebelumnya dan satu tahun dosa setelahnya”
Hr.Muslim.

3. Hari Arafah adalah hari haji Akbar karena hari ini adalah hari puncak bagi seluruh jamaah haji yang mana mereka semua diwajibkan untuk berwukuf di Arafah. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(الحج عرفة) رواه أحمد.

“Haji adalah Arafah”
Hr.Ahmad.

4. Hari Arafah adalah hari terbaik untuk berdoa.

Hal ini karena sebaik-baiknya doa adalah doa Arafah. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(خير الدعاء دعاء يوم عرفة )
رواه الترمذي.

“Sebaik baiknya doa adalah doa Arafah”
Hr.Tirmidzi.

Terdapat khilaf di antara para ulama kita mengenai keutamaan doa pada hari ini, apakah ia khusus bagi mereka yang sedang berada di Arafah atau umum untuk seluruh kaum muslimin, dan yang kuat Insya Allah adalah pendapat yang mengatakan bahwa ia umum bagi seluruh kaum muslimin baik yang berhaji ataupun tidak. Namun tentunya doa orang yang berada di padang Arafah lebih baik dari pada yang berada di tempat selainnya.

5. Hari Arafah adalah hari pembebasan dari api neraka.

Disebutkan dalam hadis bahwa tiada hari yang dimana Allah membebaskan banyak hamba-hamba-Nya dari api neraka melebihi hari ini. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(ما مِن يوم أكثر من أن يعتق الله فيه عبداً من النار من يوم عرفة)
رواه مسلم.

“Tidak ada suatu hari yang dimana Allah membebaskan begitu banyak hamba-hamba-Nya dari siksaan api neraka melebihi hari Arafah”
Hr.Muslim.

6. Hari Arafah adalah hari dimana Allah membanggakan hamba-hamba-Nya (para jamaah haji) di depan para Malaikat-Nya. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(وإنه ليدنو ثم يباهي بهم الملائكة فيقول : ما أراد هؤلاء)
رواه مسلم.

“Dan sesungguhnya Allah mendekat (kepada para jamaah haji) lalu kemudian membanggakan mereka di hadapan para malaikat-Nya, lalu Ia berkata: apakah yang mereka inginkan?”
Hr.Muslim.

7. Hari Arafah adalah hari diagungkannya Tauhid.

Hal ini karena di hari ini doa yang terbaik untuk diucapkan baik bagi jamaah haji atau pun bukan adalah doa yang mengandung kalimat tauhid. Didalam hadis Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

(خير الدعاء دعاء يوم عرفة، وخير ما قلت أنا والنبيون من قبلي: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد، وهو على كل شيء قدير)
رواه الترمذي.

“Sebaik baiknya doa adalah doa Arafah, dan sebaik baiknya yang aku ucapkan dan Nabi nabi sebelumku: laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa alaa kulli syai’in qodiir.”
Hr.Tirmidzi.

Di samping itu, hari ini juga adalah hari dimulainya syariat takbir muqayyad yaitu syariat memperbanyak tahlil takbir dan tahmid disetiap akhir salat yang 5 hingga 4 hari ke depan (akhir hari tasyriq).

Syaikh Muhammad bin Shalil Al-Utsaimin mengatakan:

(التكبير المقيد يكون خلف الصلوات الخمس ويبدأ من صلاة الفجر يوم عرفة إلى عصر آخر يوم من أيام التشريق)

“Takbir Muqoyyad dilakukan diakhir salat 5 waktu dan ia dimulai sejak fajar hari Arafah hingga ashar akhir hari-hari Tasyriq”

Nurun Aladdarbi.

8. Hari Arafah adalah hari yang termasuk dari salah satu hari dari bulan haram, bulan haji dan 10 hari terbaik yang Allah bersumpah dengannya.

Hal ini dikarenakan hari Arafah berada pada tanggal 9 Dzulhijjah, sedangkan telah diketahui bersama bahwa bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari bulan yang haram dan juga merupakan bulan haji. Adapun tanggal 9 Dzulhijjah maka ia masih termasuk bagian dari 10 hari awal Dzulhijjah yang memiliki banyak keutamaan.

9. Hari Arafah adalah hari yang Allah bersumpah dengannya.

Dan telah diketahui bersama bahwa Allah tidak bersumpah atas nama makhluk-Nya kecuali itu menunjukkan keagungannya.

Di dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“اليوم الموعود يوم القيامة، واليوم المشهود يوم عرفة، والشاهد يوم الجمعة ” رواه الترمذي وحسنه الألباني.

“Hari Maw’ud adalah hari kiamat, hari Masyhud adalah hari Arafah dan hari Syahid adalah hari Jum’at”. HR.Tirmidzi dan di hasankan oleh Imam Albani.

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari hari Arafah yang begitu agung yang tak dapat kita jelaskan satu persatu secara terperinci, namun apa yang kami sebutkan di atas insyaAllah sudah dapat mewakili dari keistimewaan hari Arafah ini.

Semoga Allah memberikan kita taufiq dan ampunanNya dihari ini.

Wassalam.

Oleh: Muhammad Harsya Bachtiar, Lc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here