KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Date:

Bulan Ramadhan adalah sebuah bulan yang agung dan penuh kemuliaan. Sebuah bulan yang selalu dirindukan setiap insan manusia yang bertakwa Kepada Allah Ta’ala. Kita pun dianjurkan banyak berdoa agar dipertemukan dengan bulan yang agung ini. Kedudukan bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya karena ia memiliki keutamaan khusus yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya.

Keutamaan bulan Ramadhan diantaranya:

  1. Pintu-Pintu Syurga Dibuka dan Pintu-Pintu Neraka Ditutup Serta Setan Dibelenggu

Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari Muslim).

Olehnya kita bisa rasakan dan melihat begitu banyak hamba-hamba Allah di bulan ini yang antusias dalam menjalankan ibadah kebaikan serta meninggalkan hal-hal yang bersifat dosa dan kemaksiatan.

  1. Terdapat Satu Malam yang Mulia Bernama Lailatul Qadr

Allah Ta’ala berfirman

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Al Qur’an yang menjadi petunjuk ummat manusia diturunkan di malam lailatul qadr, malam kemuliaan yaitu pada10 malam terakhir dari bulan Ramadhan.

3. Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Allah Ta’ala berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al Baqarah: 185).

Al Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan dimana kita ketahui segala sesuatu yang bersandar dengan Al Qur’an maka ia akan menjadi mulia pula termasuk bulan agung ini.

  1. Sholat Malam di Bulan Ramadhan Dapat Menghapuskan Dosa

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih) atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari Muslim).

Maka mari kita upayakan untuk menjaga sholat tarawih witir kita bersama imam hingga usai supaya kita mendapatkan kebaikan ini.

  1. Anjuran Untuk Lebih Ekstra Dalam Bersedekah

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR.Bukhari).

Ini keteladanan yang menunjukkan bahwa Rasulullah memiliki karakter dermawan dan di bulan Ramadhan beliau semakin giat bersedekah. Olehnya Budayakan sedekah kita untuk mengharap ridho Sang Kuasa.

  1. Anjuran Untuk Banyak Membaca Al Qur’an

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Jibril menemuinya (Baginda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam) setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an (HR.Bukhari).

Maka sudah sepantasnya kaum muslimin menjadikan Al Qur’an sebagai identitas bahkan memiliki program untuk membacanya hingga khatam.

  1. Anjuran Untuk Itikaf di Sepuluh Malam Terakhir Ramadhan

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata bahwasanya Nabi  biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah (HR. Bukhari Muslim).

Ibadah ini secara khusus disebutkan hanya di bulan Ramadhan, suatu kebiasaan ibadah yang dilakukan Rasulullah.

  1. Umrah di Bulan Ramadhan Senilai dengan Haji

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada seorang wanita dari kalangan Anshar, apa yang menghalangimu untuk haji bersama kami ? Wanita itu menjawab, kami mempunyai onta yang kami pergunakan untuk mengairi. Lalu Abu Fulan menaikinya, begitu pula anak onta itu bagi istrinya dan anaknya dan dia meninggalkan seekor unta agar dipergunakan untuk mengairi. Beliau berkata apabila datang bulan Ramadhan, maka umrahlah pada bulan itu, karena umrah pada bulan Ramadhan serupa dengan haji” (HR. Bukhari).

Pahala senilai dengan haji bukan berarti menunjukkan bahwa kita tidak perlu lagi naik haji tapi kita harus tetap menunaikan haji. Semoga kita semua diberikan kemampuan akan hal ini.

  1. Bulan Ramadhan Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar).

Momentum yang bagus untuk kiranya kita senantiasa merutinkan berdo’a di bulan yang agung ini karena termasuk waktu mustajab dikabulkannya do’a setiap hamba.

Demikian. Semoga kita semua beserta keluarga mendapatkan keutamaan bulan Ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan ini.

 

Oleh: Reo Adi Syahputra, S.Si

(Kepala Sekolah SMA Ibnu Abbas Muna)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_img

Popular

More like this
Related

Catat Tanggalnya! Tabligh Akbar Syawal Wahdah Islamiyah Akan Digelar di Butta Salewangang

MAKASSAR, wahdah.or.id - Seperti kebiasaan tiap tahunnya, pasca Ramadan,...

Wahdah Inspirasi Zakat Salurkan Paket Iftar Berisi Nasi dan Ayam Khas untuk Warga Khan Yunis

KHAN YUNIS, wahdah.or.id – Memasuki penghujung bulan suci Ramadhan,...

Jangan Sampai Tidak Hafal! Ini Doa yang Nabi Ajarkan Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadr

MAKASSAR, wahdah.or.id - Ramadan tahun ini 1445 H/2024 M,...